MotoGP Qatar 2022(motogp.com)

Kastara.ID, Le Mans – Pabrikan asal Jepang, Suzuki, tampil di MotoGP dengan nama tim Suzuki Ecstar. Skuad pabrikan ini diperkuat dua pembalap muda Spanyol, Alex Rins dan Joan Mir.

Sayangnya, pabrikan asal Hamamatsu ini harus undur diri dari Grand Prix setelah musim laga 2022 ini berakhir dengan alasan ekonomi.

Suzuki Motor Corporation telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait rencana masa depan mereka, sedang berdiskusi dengan pengelola MotoGP, Dorna Sport, dan menjelaskan situasi di balik mengunduran diri mereka.

Inilah konfirmasi resmi langsung pihak Suzuki:

“Suzuki Motor Corporation sedang berdiskusi dengan Dorna mengenai kemungkinan penghentian partisipasi Suzuki di MotoGP pada akhir 2022.

Sayangnya, situasi ekonomi saat ini dan kebutuhan untuk memusatkan upayanya pada perubahan besar yang dihadapi dunia Otomotif di tahun-tahun ini, memaksa Suzuki untuk secara drastis mengurangi biaya terkait balap dan menggunakan semua sumber daya ekonomi dan manusianya dalam mengembangkan teknologi baru.

Untuk alasan yang sama, Suzuki juga mempertimbangkan untuk menghentikan kegiatan balap lainnya.

Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Suzuki Ecstar kami, kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan kepada semua penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan antusiasnya kepada kami,” jelas pernyataan resmi dari Suzuki Motor Company, yang dirilis laman MotoGP.

Pengumuman ini dirilis Kamis (12/5) menjelang MotoGP seri Prancis yang akab berlangsung di Sirkuit Le Mans. (tra)