Pasar Induk Kramatjati

Kastara.ID, Jakarta – Perumda Pasar Jaya untuk sementara menutup 19 pasar di ibu kota setelah ditemukan kasus pedagang yang positif terpapar Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di enam pasar di ibukota.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, pihaknya sejauh ini telah melakukan tes COVID-19 di 19 pasar yang diikuti sebanyak 1.418 pedagang. Dari hasil tes itu diketahui 52 pedagang di enam pasar dinyatakan positif COVID-19. Sedangkan 10 pasar masih menunggu hasil dan pedagang di tiga pasar dinyatakan negatif COVID-19.

“Sejak kemarin ini serentak semuanya (19 pasar) ditutup selama tiga hari karena memang setelah dianalisa oleh pendapat ahli setelah penyemprotan itu butuh tiga hari untuk ditutup,” ujar Arief, Jumat (12/6).

Ia menambahkan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk terus melakukan persiapan tes rapid. Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi dan menerapkan protokol kesehatan, serta melakukan penyemprotan rutin selama dua minggu sekali bekerja sama dengan PMI.

“Kami juga menerapkan ganjil genap kios, mengatur traffic konsumen, serta menggunakan face shield yang sudah disiapkan untuk antisipasi penyebaran COVID-19 yang bisa dilakukan di pasar,” tandasnya.

Berikut 19 Pasar yang ditutup sementara:
1. Pasar Lontar
2. Pasar Gondangdia
3. Pasar Petojo Enclek
4. Pasar Serdang
5. Pasae Rawasari
6. Pasar Tomang Barat
7. Pasar Slipi
8. Pasar Cijantung
9. Pasar Ciracas
10. Pasar Palmeriam
11. Pasar Perumnas Klender
12. Pasar Pesanggrahan
13. Pasar Kebayoran Lama
14. Pasar Pondok Labu
15. Pasar Warung Buncit
16. Pasar Minggu
17. Pasar Lenteng Agung
18. Pasar Kelapa Gading
19. UPB Induk Kramat Jati
. (hop)