Andrea DoviziosoAndrea Dovizioso. (Getty)

Kastara.id, Sachsenring – Di klasemen sementara, pembalap Ducati Team Andrea Dovizioso masih bertengger di posisi kelima. Dovi masih tertinggal 61 angka dari pemuncak klasemen, yakni pembalap Repsol Honda Marc Marquez.

Saat ini Dovi enggan memikirkan gelar juara dunia yang justru akan membebaninya. Dari delapan seri yang sudah diikutinya, Dovi baru menang satu kali di seri pembuka di Qatar.

“Jika melihat klasemen dan bagaimana balapan berlangsung di Assen, maka Anda harus mengakui secara obyektif bahwa akan sangat sulit untuk meraih gelar. Saat ini saya tidak fokus untuk gelar, karena kita harus menghilangkan kelemahan kita,” ujar Dovi.

Dovi pun mengakui kalau Ducati tidak cukup kuat di bagian akhir balapan. Jika hal ini teratasi, dirinya yakin bisa lebih fokus pada hal lainnya. “Karena Anda harus kuat di semua zona agar dapat bersaing dengan pembalap seperti Marquez,” jelas Dovi.

Namun Dovi menekankan bahwa dirinya takkan menyerah untuk menggulingkan Marquez dari puncak klasemen. Diakuinya pada balapan di Assen, Marquez mampu mengelola balapan dengan baik. “Tapi saya tidak berpikir ia memiliki kecepatan yang jauh lebih dari kita semua. Sebaliknya, saya pikir perbedaannya sangat kecil,” tandasnya optimistis.

Di Assen lalu, Dovi merasa sejumlah pembalap di bagian depan sedemikian dekat sepanjang balapan sehingga tidak bisa menekan Marquez yang sedang memimpin balapan. “Anda harus mengakui bahwa memang Marquez membuat perbedaan sekali lagi. Ia menunjukkan kinerja yang sangat baik,” pungkas Dovi. (yan)