Faisal Basri

Kastara.ID, Jakarta – Ekonom senior Faisal Basri memberikan kritik tajam keputusan PT Kimia Farma memberikan layanan vaksinasi individu atau mandiri. Melalui cuitan di akun twitternya, @FaisalBasri (11/7), Faisal menyebut tindakan atau praktik jualan vaksin adalah tindakan biadab.

Fasial mengatakan, pemerintah sebelumnya sudah berjanji memberi pelayanan vaksin gratis bagi rakyat. Seharusnya janji tersebut bisa diwujudkan dengan tindakan tegas. Terlebih menurut Fasial penyedia vaksin mandiri berada di lingkaran mereka.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI) ini mendesak pemerintah melarang praktik jualan vaksin. Apalagi ujar Faisal, yang melakukan adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kritikan juga disampaikan Epidemiolog dari Universtas Indonesia (UI) Pandu Riono. Melalui cuitan di akun twitternya, @drpriono1 (11/7), Pandu mengatakan, tindakan PT Kimia Farma tersebut saama saja dengan komersialisasi atau jualan vaksin di tengah pandemi.

Pandu meminta pemerintah jujur dan mengakui sedang jualan vaksin dan tidak usah bicara tentang herd immunity atau kekebalan kelompok. Pandu menyebut ada motivasi terselubung, yakni jualan vaksin dan bukan untuk mengendalikan pandemi.

Itulah sebabnya Pandu menyebut sedari awal tak setuju dengan program vaksinasi apa pun yang tidak gratis. Vaksinasi gotong royong pun menurutnya hanyalah kedok belaka. Vaksinasi gotong royong awalnya disebut hanya bisa dibeli perusahaan atau korporasi untuk karyawannya. Pandu meminta pemerintah tidak perlu berdusta.

Seperti diberitakan, mulai Senin (12/7) ini, PT Kimia Farma bakal memberikan layanan vaksinasi berbayar. Sebanyak delapan klinik Kimia Farma di enam kota akan menyediakan layanan vaksinasi individu, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Solo, dan Gianyar.

Tarifnya ditetapkan sebesar Rp 321.660 per dosis. Artinya jika harus disuntik dua dosis, masyarakat harus membayar Rp 643.320. Sedangkan tarif vaksinasi dipatok Rp 235.820. Sehingga total masyarakat harus merogoh kocek Rp 879.140 untuk mendapat layanan vaksinasi individu atau mandiri. (ant)