Headline

Jakarta Youth Choir Bawakan Lagu Daerah Asal Papua Raih Dua Penghargaan Kejuaraan di Eropa

Kastara.ID, Jakarta – Paduan suara binaan Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Youth Choir (JYC), berhasil meraih penghargaan dalam pentas dunia saat menyanyikan lagu daerah asal Papua “Yamko Rambe Ramko”.

Kontingen JYC mewakili Indonesia sejak tanggal 2-10 Juli 2022, dalam kompetisi di dua negara Eropa, yakni Spanyol dan Perancis. Dalam kejuaraan di dua negara Eropa ini, JYC mendapatkan gelar juara.

“JYC adalah paduan suara binaan Pemprov DKI Jakarta, di mana pembinanya adalah Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Tahun-tahun sebelumnya JYC sering meraih puluhan prestasi dan penghargaan terbaik di berbagai negara di dunia, pada kejuaraan kali ini, JYC juga berhasil menyabet berbagai prestasi yang membanggakan,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Achmad Firdaus seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta (11/7).

Septo Adi Simanjuntak, Founder dan Konduktor JYC, mengatakan, sebanyak 37 orang kontingen JYC pada tahun ini yang mewakili Indonesia dalam pentas dunia sekaligus membawa misi untuk memperkenalkan lagu asli daerah, busana adat dan budaya dari Indonesia kepada warga dunia.

“Lagu Yamko Rambe Ramko yang dinyanyikan oleh paduan suara JYC saat ditampilkan dalam panggung kompetisi ini disambut meriah, baik oleh juri, penonton, maupun kontingen lain. Bahkan, saat JYC menyajikan penampilan spontan di dermaga Kota Bandol, Provence, Perancis, pada Sabtu, 9 Juli, warga sekitar memuji penampilan JYC,” kata Septo.

Septo menerangkan, di Spanyol, JYC meraih juara di kategori Folklore, Pop dan Gospel; Best Conductor dan Best Coreography.

Kemudian dalam kompetisi International Choral en Provence yang baru diselenggarakan di Kota Bandol, Perancis, JYC berhasil meraih Special Prize sebagai penampil terbaik pilihan juri dan panitia.

“Capaian ini berhasil diraih usai mengungguli 23 kontingen dari negara lain, seperti dari Belanda, Spanyol, Italia, Portugal, Polandia, dan berbagai negara lainnya,” imbuhnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Tidak Ada Cawe-cawe Pilkada di Kota Depok

Kastara.Id,Depok - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) diKota Depok akhir-akhir ini sudah terasa mesin politik dibawah…

Wali Kota Depok Resmikan Gedung Manajemen RSUD KISA Depok

Kastara.Id,Depok  –  HUT ke 16 RSUD KISA Depok, Wali Kota Depok Mohamad Idris meresmikan Gedung…

Supian Suri : Masyarakat Datang ke Depok Harus Punyai Keterampilan dan Keahlian

Kastara.Id,Depok - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengizinkan warganya untuk membawa sanak famili…

Idulfitri 1445 Hari Raya Kebersamaan dan Saling Memaafkan

Kastara.Id,Depok - Seperti biasa Walikota Depok Mohammad Idris mengingatkan kepada  Aparatur Sipil Negara (ASN) di…

Open House Wali Kota Depok Mohammad Idris

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok Mohammad Idris menggelar Open House pada hari pertama Idulfitri di…

Akan Ada Kejutan di Pilkada Depok

Kastara.Id,Depok - Perbincangan  yang berbau politik  ternyata masih belum habis di 2024, bahkan mulai memanas…