Datsun GO PI - GIIAS 2017

Kastara.id, Tangerang – Datsun memperkenalkan edisi khusus terbatas Datsun GO PI (Persatuan Indonesia) di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017 Jakarta. Dengan menggunakan basis Datsun GO T-Active, edisi khusus terbatas Datsun GO PI dirancang dengan dukungan dan kolaborasi bersama Tomi Airbrush, sebuah perusahaan modifikasi asal Indonesia. Tomi Airbrush mengajukan konsep tersebut di kontes modifikasi Datsun X-plore Your Style 2016, sekaligus mendaulat Tomi Airbrush menjadi pemenang dari kompetisi tersebut.

“PI” dalam Datsun GO PI merupakan kependekan dari “Persatuan Indonesia”. Tomi Airbrush mengusulkan nama tersebut untuk mencerminkan keragaman dari kesenian tradisional Indonesia, sebuah kekayaan yang diwariskan pada generasi modern. Harapannya, nama tersebut mengingatkan kesadaran bagi kaum muda akan perlunya bersatu demi melindungi dan melestarikan warisan nasional.

Sebuah teknik pewarnaan kain, atau kain yang disebut dengan batik adalah salah satu bentuk seni yang paling dikenal di Indonesia. Batik memiliki sejarah panjang dimana beragam pola telah diciptakan dan dipengaruhi oleh berbagai budaya. Minat terhadap seni batik telah berkembang pesat akhir-akhir ini, terutama setelah UNESCO menobatkan batik sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Saat ini sedang marak di seluruh dunia sebuah tren mengaplikasikan sentuhan personal atau mengubah bentuk secara spesifik dari barang milik pribadi, termasuk kendaraan. Tak terkecuali pasar yang dinamis seperti di Indonesia dengan generasi berjiwa muda dan bersemangat untuk

mengekspresikan diri dalam berbagai hal termasuk mobil, desain, dan budaya. Itulah yang melatarbelakangi keputusan Datsun untuk membuat Datsun GO PI Limited Edition berawal dari inspirasi konsep yang diajukan oleh Tomi Airbrush pada kompetisi Datsun X-plore Your Style 2016. Mobil ini dikembangkan dengan dukungan Tomi Airbrush yang unitnya dipamerkan di GIIAS 2017.

Bagian luar dari Datsun GO PI menunjukkan sebuah desain mewah dengan paduan cantik dari pola batik dari berbagai penjuru Indonesia dengan dominasi warna merah. Datsun GO PI mengaplikasikan teknik scratch design yang menghasilkan efek alumunium. Selain dari warna bagian luarnya yang unik, mobil tersebut menawarkan jok kulit sintetik yang sudah dikustom, signature grille dengan aksen merah, serta badge edisi khusus terbatas dalam balutan airbrush edisi khusus dan alloy wheel 15 inci berwarna hitam dengan aksen merah.

Datsun edisi terbatas ini hanya tersedia sebanyak lima unit selama ajang GIIAS 2017 dengan harga 148,4 juta rupiah (on-the-road Jakarta). (koes)