Mobil Adaro Kaliurang UNISI Sukses di Ajang Internasional SFJ 2018

Kastara.id, Jakarta – Mobil Formula Listrik Tim Ulil Albab Student Center (UASC) Universitas Islam Indonesia (UII) yang bernama Adaro Kaliurang UNISI sukses mengikuti ajang internasional SFJ 2018 pada tanggal 4-8 September 2018 di Ecopa Stadium, Shizouka, Japan.

UII merupakan perguruan tinggi swasta pertama dari Indonesia yang mampu bersaing di industri otomotif international, khususnya di Electric Vehicle.

Student Formula Japan (SFJ) merupakan ajang kompetisi dari organisasi Formula Society Automotive Engineer (FSAE) yang sudah dimulai sejak tahun 2003 sebagai kegiatan publik bagi para mahasiswa untuk menumbuhkan berbagai keterampilan yang terlibat dalam penciptaan objek. Di sisi lain juga sebagai pelatihan bagi mereka yang suatu hari nanti akan memainkan peran penting dalam masa depan industri otomotif.

Kompetisi ini diikuti total 109 tim yang berasal dari 8 negara. Ada enam tim, di antaranya dari universitas di Indonesia yang ikut berpartisipasi.

Selain UII, ada lima universitas lain di Indonesia yang mengikuti SFJ 2018, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

UGM, UNY, UNS, ITS, UI mengirimkan Mobil Formula ICV (Internal Combustion Vehicle/Bahan Bakar Minyak). Untuk Mobil Formula Listrik hanya dari UII dan ITS, karena ITS mengirimkan dua jenis mobil untuk dikompetisikan di SFJ 2018. (lan)