Pahlawan

Kastara.id, Jakarta – Jadilah pahlawan masa kini yang memiliki kepedulian terhadap sesama, disiplin, profesional, dan tanpa pamrih. Nilai-nilai kepahlawanan hendaknya diimplementasikan dalam setiap aktivitas sehari-hari demi penyelenggaraan pertahanan negara akan terlaksana dengan baik. Banyak prestasi kerja yang sudah ditorehkan di masa yang lalu menjadi acuan untuk berbuat yang lebih baik di masa yang akan datang.

Demikian amanat Menhan RI Ryamizard Ryacudu yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2018 Mayjen TNI Deni K Irawan Staf Ahli Bidang Sosial Kemhan di Kantor Kemhan, Jakarta, Senin (12/11) .

“Semangat dan jiwa juang para pahlawan hendaknya menjadi contoh dan inspirasi untuk bangsa Indonesia saat ini. Saat ini, medan juang bangsa Indonesia bukan lagi perjuangan fisik melawan penjajah, namun perjuangan membangun bangsa agar maju, kokoh, kuat, dan disegani”, ujar Menhan.

Lebih lanjut Menhan mengatakan, Hari Pahlawan 2018 kita diingatkan kembali pada semangat pantang menyerah, tanpa pamrih dan jiwa kebangsaan yang tertanam dalam diri para pahlawan demi mempertahankan dan membela kemerdekaan Indonesia. Semangat tersebut ditunjukkan pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Tema nasional Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan di Dadaku”. Melalui tema ini, menurut Menhan segenap komponen bangsa untuk tetap menjaga semangat kepahlawanan di dalam diri kita masing-masing. Semangat ini harus kita tunjukkan di segala bidang baidi bidang kehidupan kemanusiaan, pendidikan, olahraga, dan sebagainya,” tambah Menhan.

Menhan juga menekankan kepada Pegawai Kemhan harus melaksanakan tugas seoptimal mungkin dilandasi semangat kerja yang militan penuh perjuangan. Kita harus terus memastikan bahwa pertahanan negara diselenggarakan untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.

Kemhan telah ikut aktif mengantisipasi berbagai kemungkinan yang mengancam persatuan dan kesatuan melalui program Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) memiliki nilai-nilai penting seperti: rasa cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi bangsa, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara. Inilah bentuk dari menjaga api semangat pahlawan di dadaku.

Bersamaan dengan Upacara Peringatan Hari Pahlawan tersebut, Kemhan juga melepas 17 orang Pegawai Kementerian Pertahanan yang akan purna tugas, terdiri dari sembilan orang TNI dan delapan orang PNS, Menhan berharap agar pengalaman tugas yang telah saudara miliki, hendaknya menjadi bekal pada kehidupan dan pengabdian baru di lingkungan masyarakat. (rud)