Embung Wira jasa

Kastara.ID, Jakarta – Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar meninjau pembangunan Embung Wira Jasa, Cipinang Melayu, Makasar.

Peninjauan tersebut juga diikuti oleh ketua TP PKK Jakarta Timur Diah Anwar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusmanto, Camat Makasar Kamal Alatas, dan Lurah Cipinang Melayu Agus Sulaeman.

“Saat ini progres pembangunan Embung Wira Jasa Cipinang Melayu telah mencapai 60 persen,” ujar Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar (11/11).

Ia menjelaskan, kendati pembangunannya masih berlangsung, keberadaan embung bisa meminimalisir genangan di wilayah tersebut.

Terbukti saat Sunter Hulu masuk posisi siaga 2, pemukiman warga di RW 06, RW 07 dan RW 08 yang biasanya terjadi banjir sekarang sudah tidak banjir lagi. 

“Pembangunan ini ditargetkan akhir Desember sudah rampung,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain sebagai tempat penampungan air dan pengendalian banjir, Embung Wira Jasa ini juga bisa dijadikan sebagai wahana destinasi wisata air. 

Oleh sebab itu, ke depan pihaknya juga akan menata area embung agar lebih indah, asri dan nyaman untuk dikunjungi warga yang berwisata.

“Setidaknya di sekeliling embung ini nantinya akan ditanami tanaman khas Betawi yang belakangan mulai langka, seperti Kecapi, Jamblang, Rambutan, Dukuh Condet dan sebagainya,” tandasnya. (hop)