Harbolnas

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkap manfaat dagang online melalui e-commerce.  Secara khusus, menurutnya e-commerce saat ini makin diminati dan mampu menopang ekonomi digital Indonesia.

E-commerce di Tanah Air makin semarak, makin dipercaya karena relatif aman dan nyaman. Jumlah transaksi yang dibukukan makin fantastis,” cuit Rudiantara melalui akun @rudiantara_id, Rabu (12/12).

Keberadaan marketplace, menurut Menteri Kominfo telah tumbuh menjadi salah satu penopang ekonomi berbasis digital. “Mereka juga mampu menggerakkan perekonomian rakyat melalui workforce digitalization, shared economy, dan mengakselerasi inklusi keuangan,” imbuhnya.

Menurut Rudiantara, marketplace mampu membuka peluang bagi setiap orang untuk mengakses modal dan pemasaran.  Ia menyebutnya sebagai bagian dari penciptaan workforce digitalization. 

“Mereka yang terbatas akses kepada modal untuk toko dan pemasaran, kini bisa berdagang online dengan modal relatif kecil. Yang sudah punya dagangan hijrah ke online dengan pasar yang jauh lebih luas,” ungkapnya.

Sementara itu, keberadaan platform online juga memungkinkan orang masuk ke era ekonomi berbagi atau shared economy. “Aset pribadi yang semula menganggur sekarang bisa disewakan melalui berbagai layanan jasa, seperti persewaan kamar atau kendaraan,” jelasnya.

Hal yang menggembirakan menurut Menteri Rudiantara adalah marketplace di Indonesia mampu memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). “Dengan kemudahan yang ditawarkan, sudah sekitar 6,5 juta UMKM hijrah ke online dalam 2 tahun terakhir ini. Perdagangan online juga telah secara efektif memacu implementasi ‪#financialinclusion. Mempermudah akses dan transaksi keuangan bagi sebanyak-banyaknya orang,” ungkapnya.

Dalam cuitan di akun pribadinya, Rudiantara memulai dengan pertanyaan apa saja yang sudah dibeli netizen dalam #HarBolNas2018. “Selamat siang teman-teman, sudah belanja apa di ‪#HarBolNas2018 hari ini?” cuitnya dalam akun @rudiantara_id seraya menyampaikan selamat berbelanja kepada netizen Indonesia.

Bahkan Rudiantara mendorong netizen untuk berbelanja produk UMKM. “UMKM juga makin mampu mengedepankan produk dan layanan kreasi mereka sendiri. Dalam hal ini kita juga harus bantu dengan memilih produk-produk lokal dalam ‪#HarBolNas2018 ini,” jelasnya. (mar)