Air Tanah

Kastara.ID, Depok – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta, Jalan Legong, Kota Depok, terus berupaya melayani kebutuhan air bersih masyarakat. Komitmen tersebut dibuat agar masyarakat di Kota Depok dapat beralih dari menggunakan air tanah ke air PDAM.

Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta Imas Dyah Pitaloka mengatakan, salah satu dari misi PDAM Tirta Asasta adalah mengedukasi masyarakat untuk mengurangi penggunaan air tanah. Seperti diketahui bahwa penggunaan air tanah secara terus-menerus yang nantinya dapat merusak lingkungan di sekitar rumah kita.

“Wilayah Jakarta sudah mengalami penurunan permukaan tanah. Sebagai wilayah yang dekat Jakarta, Kota Depok harus bisa mencegah hal tersebut karena dapat berpotensi amblasnya bangunan dan rawan bencana alam,” papar Imas, Rabu (12/12).

“Pengunaan air tanah terus-menerus dapat mengakibatkan pencemaran air yang bersumber dari air dangkal yang tercemar. Dampaknya adalah air berbahaya untuk dikonsumsi bagai tubuh kita,“ ungkapnya.

“Sama seperti amblasnya bangunan, penggunaan air tanah berlebihan risikonya terjadi miringnya jalan atau jembatan yang amblas dapat mengancam keselamatan jiwa kita,” imbuh Imas lagi.

Ketersediaan air di Kota Depok memang masih melimpah. Namun, dalam pemanfaatannya harus berdasarkan pada keseimbangan dan kelestarian air tanah.

“Untuk menjaga ketersediaan air butuh kepedulian masyarakat untuk bijak dalam menggunakan air tanah. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah memfasilitasi hal tersebut dengan beralih ke air dari PDAM Tirta Asasta,” pungkasnya. (rud)