Nuansa Cilangkap

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan groundbreaking (peletakan batu pertama) untuk pembangunan Samawa Rumah DP 0 Rupiah (Samawa) Tahap Kedua di Nuansa Cilangkap yang terletak di Jl Raya Cilangkap, Kel. Cipayung, Kec. Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (12/12).

Dalam acara ini turut dilakukan penanaman secara simbolis 15 pohon khas DKI Jakarta untuk mewujudkan hunian yang ramah lingkungan dan memberikan kenyamanan serta kesejukan bagi para penghuninya. Proyek pembangunan hunian DP 0 Rupiah ini bekerja sama dengan empat BUMD Provinsi DKI Jakarta yaitu PD Pembangunan Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo, dan Perumda Pasar Jaya sebagai pengembang, serta PT Bank DKI sebagai bank pelaksana.

Gubernur Anies menyampaikan bahwa pembangunan Samawa DP 0 Rupiah ini mempunyai fasilitas yang lengkap dan sangat layak huni. “Kami ingin garis bawahi tempat yang dibangun di sini, biasanya ketika kita berbicara program untuk masyarakat umum, diselenggarakan pemerintah, seringkali asosiasinya dengan serba minimalis. Kali ini kita ingin kirimkan pesan bahwa program DP 0 Rupiah yang dibangun merupakan fasilitas perumahan yang sehat, lingkungannya mutlak bisa menumbuhkan generasi yang sehat, yang kemudian juga mencerdaskan. Adanya fasilitas bermain, fasilitas belajar, fasilitas berinteraksi. Dan juga menumbuhkan generasi baru yang memiliki karakter yang baik. Iklim yang dibangun, kami berharap adalah iklim yang sehat, bahkan bagi keluarga-keluarga yang nanti tinggal di sini, insyaAllah mereka akan memiliki rasa kesetaraan dengan masyarakat lain yang memiliki tempat tinggal lewat mekanisme pasar atau swasta,” terang Gubernur Anies.

Lebih lanjut Gubernur Anies berpesan kepada BUMD yang mengerjakan proyek ini agar mengutamakan jangka waktu pembangunan agar sesuai jadwal (18 bulan), on budget, dan mengutamakan kualitas.

“Pesan saya kepada semua yang membangun. Pada saat anda meletakkan alat-alat itu. Pada saat anda bekerja dari mulai memasang tiang pancang sampai ketika di ujung melakukan pengecatan. Bayangkan anda membangun rumah untuk keluarga anda sendiri. Bayangkan anda membangun rumah untuk ditempati sendiri. Ketika kita punya perasaan bahwa ini kita akan pakai sendiri, rasa tanggung jawab itu lebih besar,” ungkap Gubernur Anies, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Sementara Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yoori C. Pinontoan menjelaskan luas lahan keseluruhan Nuansa Cilangkap mencapai ± 2,9 ha dengan lahan bangunan satu tower (menara) seluas ± 0,65 ha.

“Nuansa Cilangkap Hunian DP 0 Rupiah direncanakan akan dibangun dalam 4 tower (menara), di mana saat ini 1 (satu) tower sebanyak 850 unit dengan ketinggian 24 lantai dan dan dua tipe hunian, yaitu tipe studio dan 2 kamar, diperuntukkan bagi program DP 0 Rupiah dengan nama Menara Samawa Cilangkap,” terang Yoori.

Pembangunan Nuansa Cilangkap Hunian DP 0 Rupiah ini sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dengan dilengkapi fasilitas penunjang, antara lain ruang bersama, balai warga, mushola, klinik, warung, toko, taman bermain, taman warga, sekolah, parkir kendaraan bermotor, serta Transjakarta.

“Pembangunan hunian Nuansa Cilangkap ini tidak hanya memberikan pengaruh dari segi visualisasi pembangunan, namun juga dapat berpengaruh positif terhadap kawasan dari berbagai aspek, seperti perekonomian, pendidikan, kesehatan, sosial, lingkungan, dan keselamatan hunian,” papar Yoori.

Sejalan dengan hal tersebut, pembangunan Nuansa Cilangkap menggunakan sumur resapan dan biopori sebagai metode resapan air yang bertujuan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Selain lubang resapan biopori, juga disediakan lahan sebagai taman apotik hidup yang mengedepankan aspek keberlanjutan bagi penghuninya. Perlu diketahui, visi dan konsep pembangunan Nuansa Cilangkap telah mengacu pada program pembangunan yang berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) yang mencakup beberapa poin seperti:
1. No Poverty, Membantu Mengurangi Tingkat Kemiskinan
2. Zero Hunger, Peningkatan Gizi Dan Mengurangi Tingkat Kelaparan
3. Good Health And Well-Being, Memberikan Tingkat Kenyamanan Yang Berdampak  Pada Hidup Sehat
4. Quality Education, Memfasilitasi Dan Meningkatkan Semangat Pendidikan
6. Clean Water And Sanitation, Meminimalisir Pemborosan Penggunaan Air Dalam Kawasan
7. Affordable And Clean Energy, Penghematan Dan Optimalisasi Energi
8. Decent Work And Economic Growth, Peningkatan Perekonomian Sekitar
11. Sustainable Cities And Communities, Menjadi Kawasan Terpadu Percontohan
13. Climate Action, Ikut Berpartisipasi Dalam Mengurangi Dampak Perubahan Iklim
15. Life On Land, Menjadikan Kawasan Hijau Dan Ramah Lingkungan

Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah merupakan program strategis Pemprov DKI Jakarta sesuai Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Sebuah program yang berusaha mewujudkan keadilan sosial, sehingga tak hanya kaum berpunya yang memiliki rumah. Masyarakat berpenghasilan rendah pun bisa mendapatkan tempat tinggal layak huni, nyaman dan terjangkau.

Melalui fasilitas pembiayaan uang muka dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, masyarakat yang berhak bisa mendapatkan hunian dengan langsung mencicil biaya bulanan. Sebelumnya pada tahap pertama, Samawa Rumah DP 0 Rupiah telah dibangun di Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang dibangun di atas lahan 5.686 m2. (hop)