Coding

Kastara.ID, Jakarta – Tren pemrograman komputer atau coding semakin populer di China, mulai dari kalangan dewasa, anak-anak juga turut kecanduan coding di negeri Tiongkok tersebut.

Seorang bocah berusia delapan tahun justru telah menjadi guru dalam pelajaran online coding. Bocah bernama Vita ini telah memiliki kanal (channel) tutorial di situs video streaming asal China Bilibili sejak Agustus lalu.

Ia telah memiliki 60 ribu pengikut dan satu juta pengguna. Vita adalah salah satu di antara semakin banyak anak di China yang belajar coding bahkan sebelum mereka memasuki sekolah dasar. Vita menggunakan kanal untuk mengajarkan murid-muridnya yang sebagian besar adalah anak-anak yang lebih tua darinya, bahkan orang dewasa.

Untuk diketahui, ayah Vita, Zhou Ziiheng, ia anggap sebagai pendukung utamanya. Zhou mengedit video Vita dan membantu menjalankan kanalnya. Zhou yang bekerja sebagai penerjemah lepas buku-buku ilmiah dan teknologi, mulai mengajar putranya cara menulis kode ketika Vita berusia lima tahun.

Zhou mengatakan, inspirasi membuat kanal belajar coding berasal dari keberhasilan Vita menulis ulang kode dalam aplikasi. Sebagian besar komentar pada video online Vita mengungkapkan keheranan bahwa ia dapat menulis kode dan bahkan mengajar orang lain di usia yang begitu muda.

Selanjutnya, pada November, Vita berkompetisi dalam kompetisi coding untuk siswa sekolah dasar yang diadakan oleh Asosiasi Industri Komputer Shanghai.

Dia menghabiskan dua bulan mempelajari bahasa pengkodean C ++ untuk kompetisi tersebut. Dengan bantuan ayahnya, ia berhasil lolos ke final meskipun merupakan salah satu peserta termuda. (rfr)