Greta Thunberg

Kastara.ID, Jakarta – Majalah Time menetapkan Greta Thunberg, aktivis iklim asal Swedia sebagai tokoh tahunan atau Person of the Year 2019. Thunberg dikenal vokal mendesak pengambilan langkah menghadapi krisis perubahan iklim global.

Gadis berusia 16 tahun itu memulai aksi pada Agustus 2018 dengan bolos sekolah dan berkemah di depan gedung parlemen Swedia, untuk meminta pemerintah setempat mengambil tindakan atas bahaya perubahan iklim.

Dari sana, kampanye Thunberg makin membesar menjadi pergerakan global. Thunberg akan berulang tahun ke-17 pada Januari mendatang. Ia masih gencar berkampanye sampai saat ini, termasuk pada pekan lalu di Madrid.

Untuk diketahui, setiap tahun, majalah Time menetapkan seseorang, grup, pergerakan atau ide yang mempengaruhi banyak orang dalam jangka waktu 12 bulan. Tahun lalu, adalah grup jurnalis The Guardians yang terpilih setelah tulisan yang diturunkan malah mendatangkan bahaya.

Untuk daftar Person of the Year juga mempertimbangkan Donald Trump, Nancy Pelosi, The Whistleblower dan para pedemo Hong Kong. Sampai saat ini, Greta Thunberg merupakan individu termuda sebagai Person of the Year dari majalah Time. (sud)