Persenjataan

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meminta seluruh prajurit TNI agar tidak bertindak represif kepada masyarakat Papua, sebab ia menghendaki itu terjadi dan dilakukan prajurit TNI hingga mengorbankan warga Papua.

Prabowo mengatakan itu usai ditemui sejumlah tokoh Papua dari Tim Forum Peduli Papua Maju di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan (10/12).

Menurut Prabowo, karakter masyarakat Papua pada dasarnya rendah hati dan sering bicara apa adanya, sehingga pendekatan yang dilakukan harus dengan hati, bukan dengan tindakan represif. Prabowo juga ingin pembangunan di Papua dilakukan tanpa diiringi tindakan represif kepada masyarakat setempat.

Berikut 10 poin pemikiran Aspirasi Forum Peduli Papua Maju kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto:

  1. Distribusi Sumber Daya Manusia Orang Asli Papua dalam Birokrasi Pusat Pemerintahan RI termasuk penempatan Orang Asli Papua pada eselon tertentu di Kementerian Pertahanan RI.
  2. Pemerataan dan distribusi kesejahteraan bagi Orang Asli Papua melalui subsidi kegiatan sosial ekonomi berbiaya tinggi.
  3. Pengembangan Wilayah Perbatasan NKRI di Papua sebagai Pusat pertumbuhan ekonomi agar Orang Asli Papua di wilayah-wilayah perbatasan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.
  4. Pengembangan kota-kota bersejarah di Papua yang ikut andil dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia sebagai pusat destinasi wisata sejarah seperti di Biak, Serui dan Bovendigoel.
  5. Peningkatan kesadaran ketahanan Nasional di Papua dan Papua Barat dengan membentuk Badan Pengembangan Ideologi Pancasila (BPIP) Perwakilan Papua dan Papua Barat di Jayapura.
  6. Pemulihan solidaritas nasional di Papua dalam konteks penghargaan terhadap tokoh-tokoh papua yang ikut andil dalam sejarah perjuangan kemerdekaan serta penyelesaian isu-isu HAM yang berbasis pada jaminan kesejahteraan keluarga korban pelanggaran HAM.
  7. Mengendalikan secara efektif operasi militer dalam pengejaran Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di beberapa wilayah konflik di Papua agar tidak berdampak kepada masyarakat sipil.
  8. Membangun sarana dan prasarana transportasi darat dan udara di wilayah pegunungan yang efektif dan berkualitas sebagai bagian dari strategi membangun pertahanan nasional.
  9. Meningkatkan akses Orang Asli Papua dalam rekruitmen menjadi prajurit TNI/Polri.
  10. Meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI/Polri yang ditugaskan di Papua terutama di wilayah-wilayah konflik.

Selain itu, direncanakan waktu dekat Prabowo akan mengunjungi Papua untuk melihat kondisi Papua terkini. (ant)