Seleksi Tilawatil Quran (STQ)

Kastara.ID, Jakarta – Rangkaian kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke XXVI tingkat Provinsi DKI Jakarta  yang berlangsung sejak Selasa (8/12) di gedung Graha Mental Spiritual, ditutup Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta, Dadang Solihin, kemarin (11/12).

Dalam sambutannya, Dadang mengapresiasi kegiatan ini yang dinilai sukses menerapkan protokol kesehatan.

“Saya berharap DKI Jakarta dapat mengirimkan kafilah terbaik pada STQ tingkat nasional di Maluku Utara nanti,” ucap Dadang.

Untuk STQ kali ini, Jakarta Barat tampil sebagai juara umum dengan raihan nilai 55. Disusul Jakarta Selatan di peringkat kedua dengan nilai 52, kemudian juara tiga ditempati Jakarta Timur dengan nilai 26. Untuk peringkat empat diraih Jakarta Pusat dan Utara dengan nilai 17. Sedangkan Kepulauan Seribu mendapatkan nilai 0.

“Kepada para pelatih, pengurus dan peserta agar terus maksimalkan pembinaan untuk menghadapi STQ tingkat nasional,” pesan Dadang.

Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) DKI Jakarta, Ahmad Rohimin menjelaskan, STQ yang digelar selama empat hari ini disiarkan secara online melalui saluran youtube LPTQ Jakarta guna mencegah terjadinya kerumunan.

Acara ini diikuti 164 peserta dari lima wilayah Kota dan satu Kabupaten dengan memperlombakan Tilawah Al-Qur’an, Hifzh Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, dan Hafalan Hadits Nabi.

“STQ XXVI tingkat Provinsi DKI Jakarta telah menghasilkan kader potensial dan berkualitas pada semua cabang dan golongan,” kata Ahmad.

Untuk selanjutnya, sambung Ahmad, pihaknya akan terus melakukan pembinaan secara intensif melalui training center kepada para kader yang tampil sebagai pemenang dalam STQ tingkat provinsi ini.

“Mereka akan menjadi duta provinsi DKI Jakarta dalam STQ nasional nanti,” tandasnya. (hop)