Gunung Semeru

Kastara.ID, Jakarta – Bupati Lumajang, Jawa Timur (Jatim) Thoriqul Haq mengaku geram atas ulah beberapa warga yang menjadikan lokasi bencana erupsi Gunung Semeru tak ubahnya seperti tempat wisata. Bahkan banyak di antaranya yang menjadikan desa-desa yang rusak akibat letusan Gunung Semeru sebagai lokasi selfie atau swafoto.

Saat memberikan keterangan (9/12), Thoriqul mengatakan, tindakan masyarakat berswafoto telah menghambat proses evakuasi. Thoriq mengingatkan masyarakat yang ingin berfoto atau mengabadikan momen di area terdampak letusan Gunung Semeru, hanya akan menghambat proses evakuasi.

Thoriqul menuturkan, saat ini bukan waktu yang tepat untuk foto-foto atau jeprat-jepret. Terlebih lokasi terdampak erupsi bukan tempat wisata yang bisa dijadikan tontonan.

Aktivitas swafoto juga menghambat proses distribusi bantuan untuk pada korban. Politisi PKB ini juga meminta masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan untuk korban erupsi bisa memanfaatkan posko yang tersedia. Thoriqul mencontohkan posko yang ada di Kecamatan Pronojiwo.

Pernyataan Thoriqul pun memancing komentar warganet. Tak sedikit yang menghubungkan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengunjungi lokasi erupsi pada Selasa (7/12) lalu. Saat itu Jokowi diketahui sempat berfoto dengan latar belakang bekas-bekas erupsi.

Kebiasaan tersebut memang kerap dilakukan Jokowi saat meninjau lokasi gempa. Jokowi selalu berjalan sendiri menyaksikan bekas-bekas bencana, baik gempa, banjir, atau gunung meletus. Warganet pun menanyakan siapa yang dimaksud Thoriqul suka berswafoto di lokasi bencana.

Politisi Partai Demokrat, Yan Harahap melalui cuitan di akun twitternya @YanHarahap menuliskan cuitan, “Yang suka selfie dan jalan sendiri di lokasi bencana siapa?” Cuitan tersebut disertai tautan berita tentang kegeraman Bupati Lumajang.

Pemilik akun @FahryBakrie memberikan komentar singkat, “Action!!” Namun disertai foto Jokowi di lokasi bekas erupsi. Dalam foto itu Jokowi terlihat mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam. Cuitan itu ditanggapi pemilik akun @Wargabiasa1234, “Anu…yg kemeja putih itu pak….”

Mantan Sekretaris Kabinet (Setkab) Dipo Alam menuliskan komentar, “Nah!… geramnya ke siapa?” Cuitan itu dibalas oleh akun @asfan_warah, “nyindir bapak ini kah?” Lagi-lagi dengan menampilkan foto Jokowi di lokasi erupsi. (ant)