Pelatihan Potong Hewan

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bekerja sama dengan Insititut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan pelatihan pemotongan hewan untuk konsumsi di Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) Rawa Lele, Kalideres, Jakarta Barat.

Kepala Bidang Peternakan Dinas KPKP DKI Jakarta Sri Hartati mengatakan, dalam pelatihan Gelombang I yang berlangsung mulai 12-15 Februari 2019 diikuti oleh 140 peserta. Rinciannya, 120 peserta untuk pemotongan unggas dan 20 lainnya mengikuti pelatihan pemotongan sapi atau kerbau.

“Kami ingin meningkatkan pemahaman agar pemotongan hewan dilakukan sesuai ketentuan dan higienis,” ujarnya, Rabu (13/2).

Sri menjelaskan, pelatihan diberikan meliputi teori dan praktik yang mencakup aspek religius dalam penyembelihan hewan, manajemen kerja, higiene sanitasi, kondisi hewan, persiapan peralatan penyembelihan, kompetensi teknik penyembelihan, dan uji kompetensi.

“Usai pelatihan mereka akan diberikan sertifikat kompetensi,” terangnya.

Ia menambahkan, tahun ini pihaknya akan melaksanakan pelatihan sebanyak tujuh gelombang dengan menghadirkan instruktur-instruktur yang memang berkompeten.

“Pelatihan dalam tujuh gelombang itu ditargetkan selesai Mei mendatang,” tandasnya. (hop)