Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan berkolaborasi dengan PT MRT Jakarta akan menggelar Jumat Beli Lokal (JBL) pada 15 hingga 23 Maret mendatang. Total sebanyak 6.000 produk akan meramaikan kegiatan yang diadakan selama dua pekan tersebut.

Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Selatan, Dedy Dwi Widodo mengatakan, JBL yang digelar selama dua pekan ke depan lamanya akan mempromosikan produk Jakpreneur binaan dari 10 kecamatan.

“Masing-masing produk dari kecamatan sebanyak 30 produk hasil dari Jakpreneur binaan ditambah 10 produk dari organisasi perangkat daerah lainnya dan Dekranasda Kota Jakarta Selatan akan dipromosikan di JBL,” ujar Dedy, Ahad (13/3).

Menurutnya, berbagai produk Jakpreneur binaan yang ditawarkan di antaranya kuliner, fesyen hingga kerajinan tangan.

“Kami bekerja sama dengan tokopedia untuk pembayaran belanja online. Tidak ada sistem COD. Jadi pesan lanjut bayar setelah itu barang dikirim,” jelasnya.

Sebelumnya Sekretaris Kota Jakarta Selatan, Ali Murtadho juga mengimbau para aparatur sipil negara (ASN) turut menyukseskan program JBL.

“Jika pegawai bisa berbelanja masing masing Rp 100 ribu dikalkulasikan 1.100 pegawai, maka estimasinya bisa mencapai Rp 1,1 miliar. Kalaupun tidak, minimal 60 hingga 70 persen dicapai,” tambahnya.

Sekadar diketahui hasil kegiatan JBL tahun 2021 di Jakarta Selatan melampaui eskpetasi pelaku usaha dan penyelenggara kegiatan. Selama dua pekan digelar, omzet mencapai Rp 105 juta dengan total 3.484 produk terjual. (hop)