Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Laporan Bank Julies Baer’s Global Wealth and Lifestyle Report 2021 menobatkan Jakarta menjadi kota termahal ke-20 di dunia pada 2021. Laporan ini merinci beberapa barang yang dinilai sangat mahal di Jakarta.

Dari skala 1-25, Jakarta mendapatkan poin 25 alias termahal untuk membeli teknologi. Sementara untuk membeli sepeda Jakarta mendapatkan poin 24.

Barang lain yang dinilai mahal di Jakarta adalah properti, alat olahraga, jam tangan, perhiasan, makan malam, asuransi, jasa pengacara, dan operasi lasik.

Sementara itu, Jakarta termasuk kota yang murah untuk membeli whisky, tas wanita, dan mobil.

“Selama setahun dilanda penguncian global, teknologi pribadi dan treadmill melonjak popularitasnya sementara harga sepatu wanita anjlok,” kata laporan itu.

Selain Jakarta, laporan ini pun menempatkan Asia sebagai benua termahal di dunia. Kawasan ini dinilai ‘tahan banting’ terhadap pandemi Covid-19 karena meski ekonomi tertekan corona, harga barang masih tetap tinggi.

Empat dari lima kota termahal sekarang berada di Asia. Shanghai, China, naik ke peringkat teratas dari 25 kota global untuk dinobatkan sebagai tempat termahal untuk hidup. Hong Kong, nomor satu tahun lalu, merosot ke posisi ketiga, sementara Tokyo, Jepang, tetap stabil di posisi kedua.

Monako, negara kecil kaya di Eropa Barat, dan Taipei, Taiwan melengkapi lima besar.

Eropa dan Timur Tengah berada di peringkat kedua, dengan mayoritas kota global terwakili di kawasan ini yang didukung oleh kekuatan euro dan franc Swiss.

Sementara Amerika yang terpukul oleh pandemi muncul sebagai kawasan termurah untuk menjalani gaya hidup mewah, karena dolar AS dan Kanada jatuh terhadap mata uang global utama lainnya. (ant)