Kastara.ID, Jakarta – Hari ini Huawei resmi melansir Huawei Cloud Stack 8.2 untuk pasar Asia Pasifik. Peluncuran solusi ini berlangsung di Huawei Hong Kong and Macau Partner Summit 2023. Tema konferensi ini adalah “Grow Together, Win the Future”. Versi terbaru Huawei Cloud Stack menyediakan infrastruktur cloud-native tepercaya, layanan cloud yang lengkap, serta keahlian industri komprehensif. Huawei Cloud Stack juga didesain agar perusahaan di Asia Pasifik mampu mempercepat transisi menuju teknologi pintar (intelligent upgrade). Selain itu, Huawei mengumumkan pendirian Asia-Pacific Huawei Cloud Stack Innovation Lab.

Hu Yuhai, Vice President, Huawei Cloud Stack, mengatakan bahwa pihaknya ingin menampilkan Huawei Cloud Stack 8.2 dan Asia-Pacific Huawei Cloud Stack Innovation Lab sebagai angin segar di segmen pasar hybrid cloud di Asia Pasifik. “Di sisi lain, kami juga ingin mempercepat intelligent upgrade dan mewujudkan potensi keunggulan teknologi digital bagi berbagai perusahaan,” jelasnya.

Huawei Cloud Stack merupakan solusi on-premises cloud tepercaya. Karena bersifat on-premises, solusi ini meningkatkan keamanan dan kepatuhan terhadap regulasi (compliance). Tersinkronisasi dengan layanan dari public cloud, Huawei Cloud Stack turut mendukung literasi kontinu. Lebih lagi, Huawei Cloud Stack menjalankan tiga pendekatan yang menginspirasi inovasi teknologi dan menciptakan valuasi baru bagi semakin banyak industri:

Infrastruktur Cloud-native Tepercaya dan Tangguh

Ketangguhan dan kemutakhiran layanan menjadi aspek penting bagi migrasi cloud untuk seluruh beban kerja. Demi meningkatkan ketangguhan infrastruktur cloud, Huawei Cloud Stack memberikan reliabilitas yang baik, daya komputasi yang beraneka ragam, keamanan optimal, penyimpanan data yang efisien, jaringan full-mesh, serta manajemen cloud yang efisien.

Huawei Cloud telah menyediakan sederet solusi disaster recovery (DR) berdasarkan skenario spesifik, termasuk solusi intra-city active-active and cross-region HA untuk automated failover. Lebih lagi, layanan DR dan fine-grained DR membantu pengguna membuat kebijakan DR khusus.

Huawei Cloud telah mendesain sistem proteksi keamanan terpadu yang terdiri atas sebuah pusat operasional keamanan dan tujuh jenjang proteksi. Sistem ini mengubah respons pasif menjadi pertahanan proaktif. Sistem ini juga menyediakan lebih dari 100 model deteksi dan lebih dari 50 playbook. Bahkan, 90% alarm dapat diatasi dalam hitungan menit.

ManageOne, platform manajemen cloud yang berteknologi pintar dari Huawei Cloud, menyediakan fitur manajemen komprehensif hingga meliputi layanan, kegiatan operasional, dan pemeliharaan. Arsitektur multi-level cloud resource pool management yang unik dari ManageOne mampu menandingi struktur kelembagaan yang kompleks pada sebuah perusahaan.

Huawei Cloud Stack memiliki arsitektur yang serupa dengan public cloud Huawei. Maka, solusi ini terus mengembangkan layanan cloud serta membantu pelanggan ketika memakai layanan cloud terkini guna mempromosikan inovasi pada data, AI, dan aplikasi.

Huawei Cloud telah mengembangkan ModelArts, rencana pengembangan AI. ModelArts menyediakan rangkaian lengkap perangkat pengembangan AI, termasuk manajemen data, pelabelan data, pengembangan algoritma, pelatihan model, serta implementasi inferensi. ModelArts mengatasi kendala dari pengembangan aplikasi AI yang tidak efisien, disebabkan fragmentasi, kebutuhan kustomisasi yang banyak, serta lingkungan kerja yang terisolasi. Lebih lagi, ModelArts ikut mengelola AI secara efisien di berbagai jenis industri, seperti pertambangan, prediksi meteorologi, dan biofarmasi.

GaussDB, MapReduce Service (MRS), dan Data Warehouse Service (DWS) merupakan tiga produk utama Huawei Cloud yang didesain untuk inovasi data. GaussDB adalah produk bank data online transaction processing (OLTP) dengan kinerja, reliabilitas, dan keamanan yang luar biasa. GaussDB membantu pelanggan memindahkan bank data utama pada arsitektur terdistribusi. Sementara MRS menyediakan data lake yang berkinerja tinggi dan real-time. Dan, DWS menghadirkan layanan data warehouse bertaraf perusahaan yang menjalankan T+1 online analytical processing (OLAP) serta real-time hybrid transaction/analytical processing (HTAP).

Huawei Cloud Stack 8.2.
Huawei Cloud Stack 8.2. 

Dari sisi inovasi aplikasi, Cloud Container Engine (CCE) dari Huawei Cloud Stack 100% kompatibel dengan Kubernetes APIs, serta menjadi platform O&M terpadu yang memantau dan mengelola status aplikasi. ROMA Connect juga dapat berfungsi untuk tata kelola data, informasi, dan API secara efisien.

Huawei Cloud Stack berpengalaman luas membantu transformasi cloud di banyak industri. Huawei Cloud telah menyediakan layanan profesional dan solusi di industri spesifik lewat kolaborasi bersama mitra. Tujuannya, membantu pelanggan beralih menuju, menggunakan, dan mengelola cloud.

Huawei Cloud telah meluncurkan lebih dari 30 solusi di industri spesifik, termasuk national AI cloudnational government cloud, serta financial cloud. Seluruh solusi ini telah terpraintegrasi dan terverifikasi pada platform cloud dan dengan aplikasi mitra. Solusi ini juga menyediakan referensi arsitektur bagi pelanggan di industri-industri tersebut.

Huawei Cloud telah melansir lebih dari 70 layanan profesional, meliputi berbagai fase, seperti top-level design, implementasi, dan keunggulan operasional. Layanan ini memberikan keahlian profesional Huawei kepada pelanggan.

Agar pelanggan dan mitra lokal mampu meningkatkan inovasi untuk berbagai skenario penggunaan, Huawei Cloud Stack mendirikan sebuah laboratorium inovasi Asia Pasifik di Hong Kong, Tiongkok. Laboratorium inovasi ini akan terbuka bagi pelanggan dan mitra Huawei Cloud, serta menangani berbagai tugas, mulai dari verifikasi perangkat lunak dan keras, pengetesan POC, serta pembinaan SDM.

Huawei Cloud terus berinovasi sembari berpegang pada visi “Everything As a Service” sehingga menjadi merek yang dipercaya pelanggan global. Didukung pelanggan dan mitra yang luas, Huawei Cloud kini menjadi vendor cloud terbesar kelima di dunia, terbesar kedua di Tiongkok, serta cloud dengan perkembangan terpesat di antara lima cloud lain di pasar berkembang di Asia.

Di Indonesia, solusi hybrid cloud Huawei Cloud Stack membantu CT Corp, salah satu konglomerasi terkemuka di pasar lokal, menerapkan customer data platform (CDP). Dengan CDP, CT Corp mengurangi TCO hingga 25%, serta meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan hingga 30%.

Di Thailand, Huawei Cloud Stack bermitra dengan Siriraj Hospital, salah satu rumah sakit umum terkemuka di Thailand, untuk mengembangkan smart hospital, rumah sakit yang memadukan kemajuan teknologi dalam sembilan skenario rumah sakit yang berbeda, seperti image reading dengan dukungan AI, kendaraan swakemudi yang mengirimkan obat-obatan, serta ambulans berbasiskan 5G.

Di Tiongkok, Huawei Cloud Stack membantu Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) menerapkan financial data lake dengan lebih dari 4.000 node, data lake dengan node terbanyak di industri. Dengan data lake ini, ICBC memindahkan seluruh aplikasi yang berperan penting pada cloud, termasuk aplikasi big data risk control dan real-time anti-fraud, serta anti-money laundering detection.

Transformasi digital di pasar Asia Pasifik tengah berkembang pesat. Perusahaan di pasar ini pun harus beralih menuju inovasi cloud. Ke depan, Huawei Cloud Stack ingin terus memimpin inovasi, berfokus pada kebutuhan industri, serta berkolaborasi dengan pelanggan dan mitra demi membantu perusahaan di pasar Asia Pasifik mempercepat intelligent upgrade, serta menyambut masa depan digital. (rfr)