Kastara.ID, Le Mans — Mantan pembalap Grand Prix, Jeremy McWilliams merasa khawatir dengan kondisi MotoGP saat ini, terutama untuk dua pabrikan Jepang, Yamaha dan Honda.

Tahun lalu paddock MotoGP dikejutkan oleh mundurnya Suzuki. Namun hal yang sama bisa saja terjadi pada Yamaha dan Honda.

Kedua pabrikan tersebut saat ini sedang kesulitan, gagal mengimbangi perkembangan pabrikan-pabrikan Eropa yang sedang memimpin.

Berbicaa di Podcast mingguan Crash.net, McWilliams menyebut jika Honda berpotensi meninggalkan MotoGP jika pembalap andalan mereka, Marc Marquez beralih ke motor Eropa.

Saat ini Marquez dan Honda sedang dalam fase yang sangat sulit, opsi pindah ke pabrikan lain bisa menjadi solusi untuk Marquez.

Tapi ini akan menjadi bencana bagi Honda, karena tanpa pembalap Cervera itu mereka sama sekali tak memiliki pembalap kompetitif.

Begitu juga dengan Yamaha, hanya pembalap Prancis, Fabio Quartararo yang masih bisa memberikan hasil, namun perlahan mulai terasa berat.

“Saya pikir kita bisa kehilangan dua (pabrikan). Saya pikir Honda akan segera menyadari bahwa alasan mengapa mereka sukses adalah karena Marc. Dan begitu Marc Marquez mulai kehilangan kepercayaan pada pabrikan (Honda) dan pindah,” ungkap McWilliams yang dilansir Crash.net.

“Honda mungkin tidak ingin bertahan, menghampurkan uang ke dalam kejuaraan tanpa pembalap yang sangat top. Jadi ada kemungkinan Anda bisa kehilangan satu atau dua pabrikan selama beberapa tahun ke depan. Itu akan menjadi hal yang mengerikan, kecuali pabrikan Eropa tampaknya mampu memproduksi lebih banyak motor daripada yang mampu dilakukan Jepang,” tandas McWilliams.

Baik Marquez maupun Quartararo keduanya dikontrak pabrikan masing-masing hingga akhir 2024, namun bisa saja keluar di tengah jalan. (tra)