Kastara.ID, Jakarta – Pembangunan Waduk Giri Kencana di RW 04 dan 06 Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, kini sudah mencapai 80 persen. Ditargetkan pembangunan waduk seluas kurang lebih empat hektare itu rampung pada akhir Desember mendatang.

Kepala Seksi Pembangunan Aliran Timur Dinas Sumber Daya Air DKI, Andika Purnomo mengatakan, setiap hari ada lima alat berat yang dikerahkan untuk pengerukan waduk agar mencapai kedalaman maksimal delapan meter.

“Pembangunan Waduk Giri Kencana Cilangkap saat ini sudah mencapai 80 persen dan ditargetkan rampung pada akhir bulan Desember mendatang,” ujarnya, Ahad (14/7).

Menurutnya, untuk kendala masih pada akses masuk kendaraan berat. Sebab wilayah tersebut merupakan wilayah padat penduduk.

Lurah Cilangkap Nasir Sugiar menambahkan, pihaknya berharap pembangunan Waduk Giri Kencana cepat rampung agar pemukiman warga, seperti di wilayah RW 02 dan 03, terbebas dari banjir dan genangan saat musim hujan.

“Dengan rampungnya pengerukan ini, waduk dapat menampung debit air yang lebih banyak dan wilayah kami bisa terbebas dari banjir serta genangan,” tandasnya. (hop)