Sound Of The Pacific
Kastara.ID, Auckland – Penyelenggaraan Pacific Exposition 2019 menginjak hari kedua dan diisi dengan Pacific Cultural Forum, Pacific Cultural Performance yang bertempat di lokasi pameran Pacific Exhibition, dan konser musik Sound of the Pacific.
Pacific Cultural Forum sendiri berupaya menggali sejarah dan keragaman budaya dan identitas di Pasifik termasuk kerja sama semua pihak dalam mempromosikan dan merawatnya. Forum ini juga menjadi tempat untuk berbagi pengetahuan tentang asal muasal budaya Indonesia dan Pasifik dari perspektif akademisi dan pakar. Selain itu, secara khusus forum ini juga membahas pengembangan industri kreatif yang bersumber dari kekayaan budaya itu sendiri.
“Pacific Cultural Forum akan membuka kesempatan baru di berbagai area serta mengenalkan ragam budaya Pasifik yang turut memperkaya warisan budaya dunia,” ungkap Dubes RI Wellington mengawali pembukaan forum tersebut.
Forum dibuka oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Puan Maharani dan menghadirkan para Menteri dan pejabat pemerintah serta organisasi internasional sebagai moderator dan pembicara antara lain Menteri Komunitas Etnis Selandia Baru: Jenny Selesa, Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Papua Nugini: Soroi Marepo Eoe, Dirjen Melanesian Spearhead Group: Amena Yauvoli, serta para wakil pemerintah dan ahli dari Indonesia dan negara-negara Pasifik lainnya.
Selain forum kebudayaan, Di area pameran Pacific Exhibition yang diikuti oleh 19 negara dan teritori di Pasifik, para peserta berkesempatan menampilkan seni, tari, dan musik dari budaya masing-masing dalam Pacific Cultural Performance. Indonesia diwakili oleh Provinsi Papua dan Papua Barat, NTT, dan Maluku.
Pacific Expo 2019 hari kedua ditutup dengan konser musik Sound of the Pacific yang menampilkan musisi asal NTT dan Papua yaitu Ivan Nestorman dan Papua Originals bersama musisi dari Tonga dan Samoa.
Expo yang merupakan kerja sama Indonesia dengan Selandia Baru dan Australia ini masih akan berlanjut hingga esok hari (14/7) dengan agenda Pacific Exhibition dan Pacific Cultural Festival, serta konser Sound of the Pacific yang akan menghadirkan Glenn Fredly bersama musisi asal Australia, Selandia Baru, dan Fiji.​ (put)