COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Prantara Santosa mengatakan, Puskes TNI menyiapkan 30.000 lebih tenaga tracer selama PPKM Jawa-Bali.

“Kita siapkan tracer yang terdiri dari para Babinsa, Babinpotmar, dan Babinpotdirga yang dilatih dan disiapkan membantu tracing PPKM Mikro di wilayah desanya,” kata Santosa, Selasa (13/7).

Menurut dia, untuk kegiatan testing, Puskes TNI menyiapkan petugas swab, baik dari petugas kesehatan Mabes TNI maupun petugas kesehatan dari matra dan berkolaborasi dengan petugas kesehatan, baik dari jajaran Kemenkes maupun Dinkes di wilayah masing-masing.

“Pusat Kesehatan TNI juga telah membangun laboratorium PCR hampir di seluruh rumah sakit jajaran TNI. Selanjutnya pada kegiatan treatment, Puskes TNI juga berkolaborasi dengan 109 rumah sakit jajaran TNI dari matra darat, laut, dan udara,” ujar dia.

Selain itu, TNI juga telah menyiapkan peningkatan kapasitas rumah sakit lapangan berupa penambahan 1.870 tempat tidur ICU maupun isolasi, serta meningkatkan fasilitas lainnya. (ant)