PD PAL Jaya

Kastara.ID, Jakarta – Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Jaya telah merampungkan tujuh dari sembilan paket pengerjaan pembangunan jaringan perpipaan di Zona Nol yang meliputi kawasan Jalan Jendral Sudirman, Manggarai, SCBD, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan HR Rasuna Said.

Direktur Administrasi dan Keuangan PD PAL Jaya Sigit Suryanto mengatakan, pengerjaan pembangunan jaringan perpipaan di Zona Nol sudah berlangsung sejak tahun 2018. Dua paket pengerjaan pembangunan jaringan perpipaan yang belum rampung terdapat di Jalan Asia Afrika dan Jalan Jenderal Sudirman Timur.

“Untuk di Jalan Asia Afrika sudah 75 persen. Pengerjaannya mulai dari bekas Taman Ria sampai Plaza Senayan sekitar lima kilometer. Saat ini masih dalam pengerjaan microtunneling atau pembuatan terowongan kecil menggunakan mesin bor di dalam tanah. Target kami dua hingga tiga bulan ke depan pengerjaannya rampung,” ujar Sigit (12/8).

Sedangkan untuk di Jalan Jenderal Sudirman Timur saat ini pengerjaannya sudah mencapai 55 persen dan tengah dalam proses pengerjaan microtunneling.

Dikatakan Sigit, keterlambatan pengerjaanya dua paket tersebut, khususnya paket Sudirman Timur disebabkan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games. Pihaknya baru mendapatkan izin pekerjaanya kembali pada Oktober 2019.

“Khusus di Sudirman Timur kami harus lebih berhati-hati sebab trotoarnya sudah rapi dan ada MRT juga. Jadi pengerjaannya memang agak rumit. Karenaya untuk paket ini ditargetkan tahun depan rampung,” katanya.

Sedangkan tujuh paket yang telah rampung di antaranya pengerjaan di Jalan Gatot Subroto sisi selatan dan utara yang telah rampung April lalu. (hop)