Sekadar diketahui Festival Kebon Bang Jaim sendiri merupakan akronim dari empat ruas jalan lokasi penyelenggaraan yakni Jalan Sabang, Jalan Jaksa, Jalan Kebon Sirih, dan Jalan KH Wahid Hasyim.

Secara resmi festival ini dibuka oleh Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Pusat, Iqbal Akbarrudin pada Jumat (12/8) sore.

Dikatakan Iqbal, Festival Kebon Bang Jaim kembali digelar setelah dua tahun absen lantaran pandemi COVID-19. Festival ini digelar dalam rangka menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Seperti diketahui potensi di empat ruas jalan tersebut sudah terkenal sejak lama.

“Kuliner di sekitar kawasan ini luar biasa dan dekat sejumlah lokasi wisata di antaranya Monas, Tugu Tani dan sebagainya serta lokasinya sangat strategis. Alhamdulilah, Festival Kebon Bang Jaim 2022 bisa digelar setelah dua tahun tidak diselenggarakan karena pandemi COVID-19,” ujar Iqbal Akbarrudin.

Menurutnya, Festival Kebon Bang Jaim merupakan agenda rutin Sudin Parekraf Jakarta Pusat.

“Berbagai kegiatan pariwisata yang digelar untuk  menginisiasi seluruh potensi yang ada berkolaborasi bersama seluruh pihak untuk mewujudkan pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat untuk Jakarta maju kotanya, bahagia warganya,” ungkapnya.

Sementara Kepala Sudin Parekraf Jakarta Pusat, Sinta Nindiawaty menambahkan, sebanyak 40 booth disiapkan bagi Jakpreneur binaan, warga dan pelaku usaha pariwisata di sepanjang Jalan Jaksa dan Jalan Wahid Hasyim untuk ikut menyemarakkan Festival Kebon Bang Jaim.

“Kawasan ruas jalan Jaim merupakan salah satu destinasj unggulan wisata di Jakarta Pusat, sehingga kami terus menggelar berbagai kegiatan menarik untuk meningkatkan pendapatan ekonomi,” tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya mengajak warga Jakarta untuk hadir di Festival Kebon Bang Jaim.

“Banyak yang dapat dilihat di festival ini. Ada kuliner, mural dan foto booth bisa swafoto dan mencicipi kuliner khas Betawi dan nusantara. Ayo datang bersama keluarga,” tandasnya. (hop)