Pengunjung terlihat mulai ramai berdatangan ke lokasi Festival Kebon Bang Jaim menjelang sore. Wisatawan mancanegara juga tampak menikmati suasana sore sambil mengunjungi Festival Kebon Bang Jaim.

Pada salah satu panggung, tepatnya di depan kantor Kelurahan Kebon Sirih, sejumlah anggota karang taruna yang tergabung dalam kelompok band menampilkan kebolehannya bermain musik untuk menghibur para pengunjung yang berdatangan di lokasi Festival Kebon Bang Jaim.

Pengunjung Festival Kebon Bang Jaim, Deni (45) bersama istri dan anaknya sengaja datang ke lokasi festival untuk menikmati liburan akhir pekan.

“Banyak kuliner enak dan murah yang dijual di lokasi festival sambil menikmati pentas musik di panggung  hiburan dan foto booth,” ujar warga Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (13/8).

Yani (20), mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta bersama rekannya mengaku senang datang ke Festival Kebon Bang Jaim.

”Memang sudah janjian sama teman untuk jalan menikmati liburan akhir pekan ke Festival Kebon Bang Jaim. Ada foto booth seru, pentas musik dan banyak jajanan enak dan murah di sini” ungkapnya.

Sementara Ipan (38), pelaku usaha binaan yang menjual makanan dan minuman serta suvenir khas Betawi juga mengaku senang ikut serta di Festival Kebon Bang Jaim. Berbagai suverir ondel-ondel ukuran besar dan kecil, bir pletok dan anekaragam makanan khas Betawi dijual di booth UMKM Bir Pletok Baba Condet.

“Alhamdulilah, sejak sore banyak pembeli yang datang. Sekitar 100 botol bir pletok, berbagai jenis makanan dan suvenir ondel-ondel Betawi sudah laku terjual,” katanya.

Ipan juga berharap festival dan bazar serupa juga digelar wilayah DKI Jakarta lainnya untuk kembali membangkitkan geliat ekonomi pelaku usaha kecil yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19.

“Kami berharap seiring situasi sudah melandai, agenda kegiatan promosi wisata kembali digelar seperti Festival Kebon Bang Jaim di Jalan Jaksa.  Dan semoga hari ini lebih banyak lagi pembeli yang datang,” tandasnya. (hop)