Roy Suryo

Kastara.ID, Jakarta – Mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Roy Suryo menantang Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar diskusi online atau webinar berjudul “Kiat Sukses Menambah Harta Miliar Di Tengah Pandemi, Dengan Usaha Keras Dan Jujur.” Tantangan itu menyusul kabar meroketnya jumlah harta kekayaan para pejabat di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Dikutip dari jpnn.com (12/9), Roy menuturkan, webinar akan dilakukan secara nasional dan bisa diikuti siapa saja secara gratis. Roy yakin webinar itu bakal ambyar dan pesertanya mencapai ribuan orang. Dalam webinar itu Jokowi akan menjadi pembicara utama atau keynote speaker.

Mantan politisi Partai Demokrat ini menambahkan, para menteri bisa menjadi pembicara dalam webinar itu. Para menteri bisa berbagi kiat mendapat penghasilan fantastis berpuluh-puluh miliar saat pandemi Covid-19.

Menanggapi hal itu, pegiat media sosial (medsos) yang juga politisi Partai Ummat, Mustofa Nahrawardaya, memberikan komentar menarik. Melalui akun twitternya, @TofaTofa_id (12/9), Mustofa menuliskan, “Ati2 Pak @KRMTRoySuryo2. Cek keabsahan tanah rumah. Atau cek masalah-masalah kecil masalalu. Bisa jadi masalah saat ini.”

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis harta kekayaan pejabat selama setahun terakhir. KPK dalam laporannya mengungkapkan 70,3 persen pejabat mengalami kenaikan harta kekayaan selama masa pandemi Covid-19. KPK melaporkan, harta kekayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) naik Rp 8,8 miliar setahun terakhir. Sehingga saat ini Jokowi mempunyai kekayaan sebanyak Rp 53,2 miliar.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang hartanya naik Rp 67,7 miliar menjadi Rp 745,1 miliar. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hartanya naik Rp 23 miliar. Merujuk laporan tertanggal 27 Maret 2021, Ketua Umum Partai Gerindra itu mempunyai harta senilai lebih dari Rp 2 triliun.

Pejabat yang juga mengalami lonjakan harta kekayaan adalah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Secara nilai, lonjakan harta Yaqut memang hanya Rp 10,2 miliar. Namun secara persentase lonjakannya mencapai 1.091 persen atau 10 kali lipat.

Pada 31 Desember 2018 harta yang dimiliki Yaqut senilai Rp 936.396.000 atau kurang dari Rp 1 miliar. Pada 31 Desember 2020, Ketua Umum Gerakan Pemuda GP Ansor ini hartanya meningkat menjadi Rp 11,1 miliar.

Menteri Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, harta kekayaannya meningkat Rp 481 miliar. Pada 2020 kekayaan Trenggono mencapai Rp 2,428 triliun. Padahal setahun sebelumnya, mantan Wakil Menteri Pertahanan ini mempunyai harta senilai  Rp 1,947 triliun. (ant)