Kastara.id, Depok – Prestasi dan perolehan medali tuan rumah Kabupaten Bogor di ajang Porda Jawa Barat XIII belum tersaingi. Hingga Jumat (12/10), total medali yang diraih Kabupaten Bogor mencapai 182 emas, 102 perak, dan 89 perunggu.

Hasil tersebut sekaligus mengokohkan tim tuan rumah sebagai peraih medali terbanyak sekaligus memimpin klasemen di antara semua tim.

Bahkan hasil yang diraih Kabupaten Bogor bisa disebut tak mungkin lagi dikejar oleh tim lain seperti tim Kota Depok. Hingga Jumat (12/10), Kota Depok untuk sementara masih berada di urutan sebelas dengan perolehan 13 emas, 12 perak, dan 23 perunggu.

Dengan hasil tersebut, para atlet Kota Depok yang masih berlaga harus tetap waspada. Posisi yang diraih saat ini bisa saja berubah jika tim daerah lain mampu meraih prestasi terbaiknya.

Sebut saja Purwakarta, Sumedang, dan Sukabumi, tiga kabupaten yang masih berpeluang menambah perbendaharaan medalinya. Ketiga kabupaten tersebut hanya berjarak satu dan dua medali emas dengan Kota Depok.

Namun jika tak ada perubahan di klasemen, artinya Kota Depok mampu memperbaiki rangkingnya, bahkan melebihi target 15 besar seperti yang dicanangkan.

KONI Depok sendiri dengan segala tantangan dan penanganan dalam pembinaan, dipengaruhi berbagai aspek dan tentunya komitmen yang kuat untuk meningkatkan prestasi.

Seretnya prestasi olahraga Kota Depok selama ini ditengarai terkendala oleh aspek pendanaan. Di sinilah letak peran penting kepedulian stakeholder, terutama dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain dalam bentuk yang saling menguntungkan.

Yang tak kalah pentingnya adalah soal informasi terkait proses pembinaan dan juga raihan prestasi yang dicapai. Pihak KONI Kota Depok perlu lebih membuka diri kepada pihak terkait, termasuk pers, agar raihan prestasi dan kendala yang dihadapi bisa terus dibenahi dan prestasi atlet juga semakin meningkat. (rud)