Vaksin

Kastara.ID, Depok – Depok menjadikan salah satu kota yang mendapatkan perhatian khusus dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang selama dua minggu berturut-turut berkantor di Kota Depok.

“Sekarang Depok sudah dua minggu ini sudah tidak zona merah. Syukur Alhamdulillah kita sudah turun ke zona orange,” ucap Ridwan Kamil saat meninjau kondisi Setu Pladen, di wilayah Beji, Selasa (13/10).

Ridwan Kamil mengatakan, penanganan covid-19 di Kota Depok akan jauh lebih baik jika telah dilakukan vaksin terhadap beberapa kelompok. Orang nomor satu di Jawa Barat itu meminta kepada warga Depok agar bersabar menunggu vaksin dan tetap mengikuti disiplin melakukan protokol kesehatan Covid-19.

“Saya kira dengan adanya (vaksin) akan membuat Kota Depok dalam penanganan covid-19 jauh lebih baik,” katanya.

Pria yang akrab disapa kang Emil itu menyampaikan, akhir Covid-19 itu hanya ada situasi, yang pertama orang sakitnya sembuh oleh obat, dan yang kedua orang sehatnya imun oleh vaksin.

“Jadi kalau kita mau kembali hidup normal seperti dulu lagi, yang sehat harus divaksin. Nantinya vaksinnya akan datang dua kelompok, satunya yang dibeli langsung oleh pemerintah pusat, insya Allah bulan depan datang. Vaksin yang kedua diproduksi dalam negeri (Bio Farma),” katanya.

Emil mengatakan, dirinya telah mengusulkan kepada pemerintah pusat, kota pertama warganya yang menerima vaksin tahap pertama tersebut adalah Kota Depok.

“Cuma tidak bisa seratus persen ya, harus bertahap dulu dari kelompok yang paling riskan terpapar Covid-19. Seperti tenaga kesehatan, TNI/Polri yang bertugas, wartawan, nanti setelah itu masuk kelompok kedua dan seterusnya,” katanya.

Jika tidak ada halangan kata Emil, bulan November warga Depok sudah divaksin dengan vaksin yang dibeli langsung dari luar negeri oleh pemerintah pusat.

“Berapa jumlahnya besok saya rapat, dan mohon doanya, ini rasa sayang kita kepada warga Depok. Karena Bodebek menyumbang kasus harian Jawa Barat yang paling banyak, suka tidak suka realitanya seperti itu. Nantinya, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi Kota Bekasi, awalnya dimulai dari Depok kita dahulukan mendapatkan vaksin,” ujarnya. (*)