Sang Sukrasana

Oleh: Jaya Suprana

SETELAH mempergelar wayang orang sebagai mahakarya kebudayaan Indonesia di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Gedung Kesenian Jakarta, Istana Merdeka, Sydney Opera House, UNESCO Paris. maka pada hari Ahad, 17 November 2019, mulai pk 16.00 WIB, Laskar Indonesia Pusaka siap mempergelar wayang milenial dengan lakon “Sang Sukrasana” di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki.

Wayang Orang
Wayang Orang menampilkan kisah Wayang Purwa merupakan mahakarya seni teater Indonesia setara Kathakali India, Kabuki Jepang, Opera China, Opera Italia, Opera Prancis, Opera Jerman, Musical Broadway, dan lain-lain.

Wayang Purwa berakar pada Mahabharata dan Ramayana, namun di Indonesia mandiri berkembang sehingga melahirkan berbagai kisah dan tokoh yang hanya hadir di persada Nusantara saja.

Satu di antaranya adalah Sukrasana mengejawantahkan semangat kesetiaan dan kerakyatan yang senantiasa siap berkorban tanpa pamrih. Sukrasana yang buruk rupa namun sakti mandraguna sangat mencintai kakandanya, Sumantri yang kesatria rupawan. Sukrasana senantiasa siap berkorban jiwa-raga demi memenuhi ambisi jabatan dan kekuasaan  Sumantri.

Apabila para tokoh Mahabharata dan Ramayana seperti Pandawa, Kurawa, Rama dan Rahwana adalah kaum bangsawan, maka tokoh Wayang Purwa seperti Sukrasana dan para Punakawan adalah kaum rakyat jelata meski dalam kesaktian sebenarnya jauh lebih unggul ketimbang para bangsawan. 

Milenial
Pada pergelaran wayang milenial Sang Sukrasana akan tampil para tokoh seni-teater milenial seperti Lukman Sardi, Maudy Koesnaidi, Ruth Marini, Asmara Abigai, Tina Toon, Inayah Wahid, Giok Hartono, Aylawati Sarwono, Yessy Sutiyoso, Gendhis Suharto, Sarah Arifin didampingi para jenderal TNI dan Polisi serta para tokoh profesional wayang orang Bharata, Swargaloka, RRI Solo didukung skenario, koreografi, tata musik, tata suara dan tata dekor teknologi multi media mutakhir generasi milineal kaliber internasional.

Harap para pencinta seni-budaya segera bergegas memesan tanda masuk yang tersedia on line di www.bli2.com atau hubungi Dara lewat +62 857 10063359, agar pada hari Ahad, 17 November 2019, pukul 16.00 WIB dapat tidak ketinggalan berduyun-duyun datang ke Teater Besar TIM nonton bareng pergelaran akbar wayang milineal “Sang Sukrasana”! (*)

* Penulis adalah pembelajar kebudayaan Indonesia.