Rehabilitasi Sosial

Kastara.ID, Bekasi – Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Edi Suharto didampingi Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Andi Hanindito, membuka dan memberi arahan kepada 265 peserta Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Ramah Lanjut Usia di Hotel Horison, Bekasi (13/12). Kegiatan yang berlangsung sejak 10 Desember 2018 tersebut berakhir hari ini.

Rakor ini diikuti oleh perwakilan Dinsos Provinsi, Kabupaten dan Kota, BAPPEDA dari 34 Provinsi, Kementerian/Lembaga, Kepala Balai dan Loka, LKS Lanjut Usia, Perguruan Tinggi, Media Massa, dan Peserta Pusat. Hadir juga dalam kegiatan tersebut anggota DPR RI Komisi VIII Deasy Ratnasari.

Dalam kesempatan tersebut Edi Suharto mengatakan, Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia di dalam melaksanakan program fokus kepada empat komponen yaitu Purposive Social Assitance (bansos berupa uang tunai), familly care, familly support, dan therapy.

Dirjen juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan Progres Lansia, Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia memaksimalkan fungsi Balai dan Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia. Jadi bukan lagi pemenuhan kebutuhan dasar tetapi sudah tingkat lanjutan dengan sasaran lansia yang tidak terlantar non rumah tangga.

Pada kesempatan itu pula Edi Suharto menyerahkan secara simbolis bantuan perbaikan aksesibilitas rumah tinggal dan sarana lanjut usia bagi enam lokasi yaitu, dua lokasi dari Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Maluku, dan Bengkulu. (put)