Papua

Kastara.ID, jakarta – Sebanyak 17.190 personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan diterjunkan untuk mendukung pengamanan perayaan Natal 20198 dan Tahun Baru 2020 di seluruh wilayah Indonesia.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melalui pernyataan tertulisnya Jumat (13/12), mengatakan bahwa dalam pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ini merujuk pada pengamanan tahun 2018 seperti dikutip dari Antara. Hal ini disampaikannya saat menghadiri “Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2019 dalam rangka Persiapan Operasi Lilin 2019” di Auditorium STIK/PTIK, Jakarta Selatan.

Panglima juga menjelaskan bahwa TNI siap memberikan dukungan dan bantuan, baik berupa personel maupun alutsistanya, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tiap wilayah untuk suksesnya perayaan Natal dan Tahun Baru.

Hadi juga mengingatkan semua pihak harus mewaspadai dan mempersiapkan segala sesuatu sesuai tugas masing-masing. Berdasarkan pengalaman pengamanan tahun lalu tentunya masing-masing instansi telah mengetahui titik-titik kritisnya.

Hadi juga menegaskan bahwa tiap bidang perlu untuk berkoordinasi dengan instansi lainnya agar dapat saling mendukung, melengkapi, dan bertukar informasi. Selain itu dia juga meminta apabila ada yang melihat sesuatu yang mencurigakan segera memberitahukannya kepada orang lain, khususnya aparat terkait. (ant)