Anugerah ASN 2020

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo akan menganugerahkan Piala Adhigana kepada tiga kandidat terbaik dari masing-masing kategori dalam Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) 2020. Kategori tersebut yakni PNS Inspiratif, Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan, dan The Future Leader.

“Dari sepuluh kandidat, juri telah memilih tiga kandidat terbaik pada masing-masing kategori. Para pemenang ini akan diumumkan besok Senin, 14 Desember 2020,” ujar Menteri Tjahjo di Jakarta, Ahad (13/12).

Anugerah ASN 2020 akan disiarkan pada Senin (14/12) pukul 14.00–15.00 WIB di Kompas TV. Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin akan hadir secara virtual dalam penganugerahan ini. Acara ini akan dihadiri pimpinan kementerian, lembaga, gubernur, bupati, wali kota, jajaran direksi BUMN, instansi Paguyuban Kementerian PANRB, serta para dewan juri Anugerah ASN 2020.

Puncak Anugerah ASN 2020 akan dimeriahkan oleh berbagai penampilan hiburan dari Fatur Java Jive dan tarian Betawi Kontemporer. Kemeriahan Anugerah ASN 2020 juga akan ditambah oleh penampilan kreativitas Musik ASN dan Band ASN.

Penghargaan Anugerah ASN 2020 merupakan puncak dari rangkaian seleksi Anugerah ASN 2020. Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengungkapkan, peserta yang ikut dalam ajang bergengsi ini telah melewati seleksi administrasi, presentasi dan wawancara, serta penilaian rekam jejak dan integritas.

Tjahjo mengatakan setiap tahapan seleksi Anugerah ASN 2020 dilakukan secara objektif dan ketat berdasarkan persyaratan administrasi dan kriteria penilaian, demi terjaringnya kandidat terbaik dari masing-masing kategori. “Para kandidat disaring melalui empat instrumen penilaian, yaitu inspirasi, inovasi, dampak, serta kepemimpinan. Mereka dinilai oleh tim juri independen,” tutur Tjahjo.

Tahun ini, terekam sebanyak 945 usulan ASN pada tiga kategori diusulkan dalam Anugerah ASN 2020. Dari usulan yang masuk, dilakukan seleksi administrasi dan seleksi tahap I kemudian dipilih 100 kandidat terbaik dari ketiga kategori. Pada seleksi tahap II, dewan juri Anugerah ASN 2020 menetapkan 30 kandidat untuk seluruh kategori untuk menjalani wawancara. Di puncak penganugerahan, akan diumumkan tiga terbaik dari masing-masing kategori.

Bagi tiga terbaik masing-masing kategori akan diberikan trofi, sertifikat, serta penghargaan lainnya. Sementara Top 10 kandidat kategori PNS Inspiratif, PPT Teladan, dan The Future Leader lainnya masing-masing juga akan turut mendapatkan sertifikat penghargaan.

Ajang Anugerah ASN merupakan bentuk upaya pemerintah dalam memberikan penghargaan tingkat nasional bagi sosok ASN yang telah berkontribusi nyata bagi organisasi dan masyarakat. Mengusung tema “ASN Berkinerja dan Berdampak Nyata”, Anugerah ASN 2020 diharapkan dapat menjadi pemantik semangat bagi ASN di seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja dalam menunaikan tugasnya di manapun ia berada. (ant)