Headline

Presiden Resmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno

Kastara.id, Jakarta – “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, dengan Rahmat Tuhan yang Maha Esa, pada sore hari ini, renovasi besar Stadion Utama Gelora Bung Karno saya nyatakan diresmikan,” ujar Jokowi saat meresmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (14/1) malam.

Peresmian renovasi SUGBK tersebut menjadi acara pembuka laga persahabatan antara timnas Indonesia melawan Islandia. Islandia sendiri menjadi salah satu tim yang akan tampil di Piala Dunia Rusia 2018.

Terkait persemian renovasi SUGBK, sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa renovasi stadion kebanggaan Indonsia tersebut telah dilakukan sejak bulan Agustus 2016.

Renovasi dilakukan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Penta Rekayasa Kerjasama Operasi (KSO) dengan nilai kontrak Rp 769,7 miliar. Sementara konsultan manajemen konstruksi adalah PT Deta Decon dan PT Multi Karadiguna Jasa KSO dengan nilai kontrak Rp 10,2 miliar.

Menurut Basuki, kualitas kursi penonton juga lebih bagus dengan jenis satu kursi (single seat) dan lipat (flip up) yang telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi. Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kg dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme.

Penggantian jenis kursi yang lebih baik dari sebelumnya kursi panjang, lanjut Basoeki, kapasitas tampung SUGBK saat ini menjadi 80.000 kursi. “Sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan. Dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong,” jelas Basuki.

Demikian pula dengan kualitas lapangan semakin baik mulai dari rumput yang digunakan jenis zoysia matrella dilengkapi alat penyiram rumput otomatis hingga sistem drainase anti banjir (zero run-off).

“Kualitas rumput Stadion GBK juga telah mendapatkan sertifikasi internasional. Kalau rumput imitasi digunakan di Lapangan ABC untuk latihan atau pemanasan, itu pun kualitas rumput imitasi terbaik,” katanya menambahkan.

Untuk sektor pencahayaan, SUGBK telah dilengkapi dengan lampu-lampu berkekuatan 3.500 lux atau tiga kali lebih terang dari sebelumnya. Dengan menggunakan LED lighting system, konsumsi listrik bisa dihemat hingga 50% dari lampu konvensional dan memiliki kualitas pencahayaan tiga kali lebih baik. “Untuk lighting-nya, saya dapat informasi ini salah satu yang terbaik di dunia, namun akan diungguli oleh stadion (Olimpiade dan Paralimpiade) Tokyo 2020,” ujarnya.

Yang tak kalah pentingnya adalah integrasi sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt PMPO. “Tata suara SUGBK juga lebih baik dari sebelumnya, sehingga pada upacara pembukaan nanti terutama saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya akan lebih dramatis,” pungkas Basoeki. (dwi)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…