Mariana

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta memperkuat Layanan Dukungan Psikososial (LDP) dalam penanganan bencana, termasuk musibah banjir dan kebakaran.

Sekretaris Dinas Sosial DKI Jakarta Mariana mengatakan, selain menyalurkan bantuan pangan siap saji, natura dan logistik, pihaknya juga mengemban tugas untuk melakukan pendampingan mental, spiritual dan psikologis kepada korban bencana/penyintas yang secara terpadu melalui Tim LDP Dinas Sosial DKI Jakarta.

Tim LDP Dinas Sosial DKI Jakarta terdiri dari pegawai Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Tenaga Pelopor Perdamaian, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) DKI Jakarta.

“Hal itu mengacu pada Peraturan Gubernur Nomor 39 Tahun 2014 tentang Pembagian Tugas Satuan Kerja Perangkat Daerah Dalam Penanggulangan Bencana,” ujarnya, Selasa (14/1).

Mariana menjelaskan, dalam penanganan korban bencana prinsip-prinsip LDP harus dijalankan seperti, identifikasi dan asesmen bagi korban banjir terutama anak, lansia, ibu hamil atau menyusui, apakah kebutuhannya terpenuhi, serta menggali permasalahan-permasalahan yang dialami para penyintas.

“Tim LDP juga memberikan berbagai kegiatan terutama anak-anak dalam bentuk berbagai aktivitas bermain, menggambar, puzzle dan bernyanyi,” terang Mariana.

Ia menambahkan, hal-hal lain yang perlu menjadi perhatian yakni mekanisme LDP, kesiapan materi yang akan disampaikan, peralatan-peralatan, termasuk form identifikasi dan assessment yang digunakan saat kegiatan LDP.

“Tim LDP dapat saling bersinergi dan bekerja sama dengan berbagai SKPD maupun relawan-relawan dari masyarakat,” tandasnya. (hop)