Dana Desa

Kastara.id, Jakarta – Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Lampung Didik Suprayitno diharapkan dapat mensukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 dan menjaga roda pemerintahan.

“Pertama, segera melakukan konsolidasidi jajaran Pemda. Dalam upaya melaksanakan Pilkada serentak yang ada di Provinsi Lampung, ” ujar Mendagri Tjahjo Kumolo dalam keterangannya, Rabu (14/3).

Menurut Mendagri, Pjs Gubernur Lampung harus segera berkoordinasi dengan forum pimpinan daerah yang ada di Lampung, khususnya dengan Kapolda Lampung dan Badan Intelijen Negara (BIN).

“Ajak seluruh jajaran pejabat dan staf Pemda Lampung untuk konsolidasi dan bersama-sama menciptakan iklim sejuk. Sehingga persiapan Pilkada serentak berjalan dengan lancar dan baik,” paparnya.

Politik uang dan SARA, kata Mendagri, menjadi racun demokrasi yang harus diberantas.

“Saran Bapak Presiden jelas, suksesnya pesta demokrasi yang pertama bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat untuk suksesnya Pilkada serentak di tahun ini,” katanya.

Dia menambahkan, partisipasi pemilih, menjadi kunci suksesnya Pilkada. “Pada 2015, partisipasi pemilih di Pilkada cukup menggembirakan mencapai 70 persen, dan pada Pilkada tahun 2016 dan 2017, partisipasi kembali meningkat mencapai 74 persen,” pungkasnya. (npm)