Pemprov DKI Didorong Gelar Festival Kampung Tematik

Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta)

Kastara.ID, Jakarta – Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan untuk mengadakan kegiatan Festival Kampung Tematik.

Ketua Umum Amarta Rico Sinaga mengatakan, melalui festival tersebut akan memberikan dampak positif untuk menggerakkan warga dalam menata kampung sebaik mungkin.

“Sebagai penyemangat, Pemprov DKI bisa memberikan penghargaan,” ujarnya, Kamis (14/2).

Dijelaskan Rico, dalam pelaksanaan Festival Kampung Tematik juga bisa diberdayakan pendamping-pendamping untuk menghasilkan kreasi terbaik. Terutama, untuk menjaga kearifan lokal atau mengangkat kembali nilai historis kampung tersebut.

“Tidak hanya nyaman dan asri, kampung-kampung di Jakarta estetikanya harus baik dan punya ciri khas. Jadi, kampung-kampung di DKI juga berpotensi sebagai destinasi wisata baru,” terangnya.

Baca Juga:  Takbiran Keliling di Jakarta Berjalan Lancar

Ia menambahkan, Festival Kampung Tematik akan menjadi wujud nyata gerakan partisipatif kolaboratif karena masyarakat bisa terlibat langsung di dalamnya.

“Kami berharap, festival itu nantinya bisa menjadi agenda tahunan. Jadi, warga dengan sendirinya akan menjaga kampung mereka agar tetap dalam kondisi prima,” tandasnya.

Untuk diketahui, tahun ini Pemprov DKI akan memulai Penataan Kampung di Jakarta dengan konsep community action plan (CAP). Penataan kampung tahun ini akan direalisasikan di 60 RW dengan nilai anggaran mencapai Rp 320 miliar. (hop)