Ketua DPR RI

Kastara.ID, Jakarta – Ketua DPR Bambang Soesatyo minta lembaga terkait agar terus memberikan informasi terkini dengan adanya potensi guguran lava pijar dan awan panas dari Gunung Merapi, Jawa Tengah, yang dapat membahayakan masyarakat di sekitar lereng gunung tersebut.

“Dengan adanya informasi terkini itu, masyarakat sekitar gunung akan selalu waspada,” kata Bambang Soesatyo yang akrab dipanggil Bamsoet itu (13/2).

Kepada masyarakat, Bamsoet juga mengimbau untuk tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan, serta selalu mengikuti arahan dari petugas dan memperbarui informasi terbaru terkait status gunung dari BMKG dan PVMBG sebagai institusi resmi.

Bamsoet juga minta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/BASARNAS), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Pemerintah Daerah untuk siaga dan melakukan antisipasi terhadap potensi terjadinya bencana alam di sekitar Gunung Merapi.

Dalam upaya meminimalisir korban jika terjadi bencana, Bamsoet minta BNPP untuk melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang tinggal atau beraktivitas di zona bahaya. “Ini guna menghindari adanya korban saat terjadi guguran lava pijar ataupun banjir lahar,” katanya.

BNPB melalui BPBD untuk membuat jalur-jalur evakuasi yang dilengkapi dengan tanda-tanda yang jelas guna memudahkan masyarakat untuk evakuasi saat terjadi erupsi. (danu)