Dok-Ink MVF-5 U3

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah melatih sebanyak 13 personelnya untuk mengoperasikan dan merawat robot pemadam kebakaran dan penyelamatan Dok-Ink MVF-5 U3 yang baru didatangkan dari Kroasia.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, sebanyak 13 personel tersebut telah dilatih langsung oleh instruktur dari Kroasia selama 15 hari.

“Semua berhasil lulus ujian untuk masing-masing bidangnya dan mendapatkan sertifikat berlisensi internasional,” ujarnya, Jumat (14/2).

Satriadi menjelaskan, 13 personel tersebut masing-masing akan bertugas sebagai operator unit sebanyak lima orang, empat orang sebagai elektrisi unit, dan empat orang sebagai mekanik unit.

“Mereka mendapatkan pelatihan meliputi teori dan praktik. Kami ingin ke depan ada transfer knowledge dari ketiga belas personel tersebut kepada rekan-rekannya di Dinas Gulkarmat,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, robot pemadam kebakaran dan penyelamatan ini dikendalikan dengan sistem remote control dengan radius 500 meter. Bahkan, bisa mencapai 1,5 kilometer apabila di ruang terbuka (tanpa halangan).

Apabila terjadi kebakaran yang mengandung bahan-bahan berbahaya atau kimia dan beracun, termasuk asap pekat, maka cukup mengendalikan robot dari ruang kendali.

Robot ini juga mampu mendorong beban 10 ton, menarik beban delapan ton, dan mengangkat beban dua ton dengan gripper.

Selain itu, alat canggih tersebut dilengkapi pompa yang mampu menekan air di atas 15 bar. Sehingga, sangat efektif dalam operasi pemadaman dan mampu menyemprotkan air murni sejauh 55 meter, jika dengan foam sejauh 45 meter. (hop)