Alat Angkut Sampah

Kastara.id, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menerima 20 unit alat angkut sampah dari Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam DKI Jakarta Raya (KAHMI Jaya) di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Rabu (14/3).

Alat angkut sampah berupa motor roda tiga ini merupakan pemberian hibah kepada 20 RW wilayah Jakarta Utara sebagai wujud dari sistem partisipatif dan kolaboratif dari masyarakat dalam mewujudkan kebersihan di ibu kota.

“Kalau kita ingin merasakan manfaat Jakarta yang bersih, RW-nya diberdayakan, dikasih kendaraan angkut sampah. Hibah alat angkut sampah ini yang Insya Allah akan dipakai masuk gang-gang kecil,” ungkap Sandiaga.

Disebutkan, penyerahan hibah ini akan diintegrasikan dengan gerakan dan program OK OCE. Ia berharap upaya pengentasan masalah sampah Jakarta dapat selaras dengan pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

Para pegiat yang akan menggunakan alat angkut sampah tersebut juga akan diberdayakan melalui pelatihan. Selain itu, penyelesaian masalah sampah di Jakarta akan memiliki sistem tata kelola yang baik melalui perencanaan bank sampah.

“Jadi skemanya sudah ada, pemberdayaannya sudah ada, mobil-mobil angkut sampahnya sudah ada, bank sampahnya tinggal disinkronkan. Kami menargetkan dari 20 yang hari ini bisa dihibahkan, bisa juga menular ke wilayah-wilayah lain di DKI Jakarta,” pungkasnya.

Perlu diketahui, penyerahan 20 unit alat angkut sampah dari Ketua KAHMI Jaya kepada 20 RW wilayah Jakarta Utara ini didukung oleh industri otomotif TVS Kargo Kendaraan Roda Tiga dan PT Tri Rajawali Indo Sejahtera. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Koordinator Presidium KAHMI Jaya Mohammad Taufik dan Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad. (rud)