Apel Pemilu 2019

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin Apel Siaga Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Lapangan Banteng, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Apel tersebut dihadiri Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman, Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos, serta anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta serta seluruh penyelenggara Pemilu tingkat kecamatan, kelurahan, dan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pada kesempatan itu, Anies mengawalinya dengan menjelaskan kembali sejarah terbentuknya sistem kenegaraan Indonesia.

“Ketika republik ini didirikan, semua menyetujui pembetukan negara melalui sistem. Dan hari ini, kita berkumpul melaksanakan apa yang dimulai pendiri republik ini, yaitu menyiapkan pemerintahan untuk 2019-2024,” ujarnya di lokasi, Ahad (14/4).

Anies juga berpesan kepada seluruh penyelenggara dan peserta Apel Siaga Pemilu untuk menjaga integritas dan soliditas agar Pemilu di Jakarta berjalan sesuai dengan asas Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil (Luber Jurdil).

“Tunjukkan bapak ibu menjaga integritas dengan bersikap tidak menggadaikan harga diri dari segala bentuk hadiah. Sehingga Jakarta dapat menjadi contoh dalam penyelenggaraan pemilu berintegritas,” serunya.

Di samping itu, Anies pun menegaskan, pihaknya akan senantiasa mendukung apapun kebutuhan KPU. Termasuk tempat penghitungan suara.

“Apa saja yang menjadi kebutuhan KPU akan kami fasilitasi. Kita akan meminjamkan GOR-GOR untuk penghitungan suara yang butuh tempat besar,” katanya.

Anies juga mengimbau seluruh jajarannya agar bekerja dengan sebaik-baiknya saat pemungutan suara berlangsung. Termasuk juga memastikan seluruh kebutuhan dan fasilitas di lapangan terpenuhi.

“Mari kita tunjukkan bahwa kita yang berada di Pemprov DKI siap memastikan Pemilu 2019 berjalan lancar dan sukses,” katanya.

Menurut Anies, dengan hadirnya seluruh jajaran Pemprov DKI dalam apel hari ini menegaskan bahwa DKI Jakarta siap mendukung KPU DKI melaksanakan Pemilu 2019.

“Selamat bertugas. Mari jaga kepercayaan, kehormatan dan tunjukan bahwa DKI bisa menjadi contoh penyelenggaraan pemilu yang baik,” tandasnya. (hop)