Vaksin

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Charles Honoris menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah menyepakati penyuntikan Vaksin Nusantara secara kolektif.

“Komisi IX DPR tidak pernah menyepakati secara kolektif untuk ikut vaksinasi Vaksin Nusantara. Bahwa ada pimpinan atau anggota Komisi IX DPR yang mengikuti vaksinasi itu dilakukan secara pribadi dan tidak mewakili Komisi IX DPR,” kata Charles dalam keterangannya, Rabu (14/4).

Ia pun menegaskan bahwa PDIP di Komisi IX DPR secara kolektif tidak mengikuti penyuntikan Vaksin Nusantara. Menurutnya, PDIP di Komisi IX DPR mengikuti arahan Presiden Joko Widodo bahwa uji klinis vaksin harus dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku dan kaidah-kaidah saintifik.

“Fraksi IX PDI Perjuangan DPR RI secara kolektif tidak mengikuti vaksinasi Vaksin Nusantara,” kata Charles.

Sejumlah anggota DPR akan disuntik Vaksin Nusantara di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, pada Rabu (14/4).

Salah satu anggota dewan yang memastikan diri akan ikut serta dalam penyuntikan Vaksin Nusantara ialah Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Melki Laka Lena.

Ia menyatakan akan menjalani pengambilan sampel darah sebagai rangkaian dari proses untuk menerima Vaksin Nusantara bersama istrinya. (rso)