Kastara.ID, Depok – Kelurahan Tanah Baru berkomitmen memaksimalkan keberadaan Forum Anak di wilayahnya. Anak-anak yang tergabung dalam forum tersebut diarahkan agar ikut berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

“Tanggal 10 April kemarin, kami memfasilitasi Forum Anak untuk menggelar rapat koordinasi agar saling mengenal minat dan bakat mereka. Sekaligus memperkuat fungsinya sebagai pelopor dan pelapor,” kata Lurah Tanah Baru, Zakky Fauzan sebagaimana dilansir situs resmi Pemkot Depok, Rabu (14/4).

Dikatakannya, pelopor dan pelapor yang dimaksud yakni anak-anak ini menjadi agen perubahan terlibat aktif memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif. Serta individu atau kelompok yang menyampaikan pengaduan kepada instansi yang terkait untuk melakukan perubahan yang lebih baik.

“Forum Anak ini terus diberikan pengarahan oleh narasumber yang kompeten. Yaitu Forum untuk Kota Layak Anak (FOKLA) Depok. Selain itu diskusi juga dilakukan dengan Wakil Ketua Forum Anak Kota Depok. Kegiatan juga diselingi dengan penampilan bakat serta game seru berhadiah,” tuturnya.

Meski pandemi, sambungnya, pembinaan kepada Forum Anak Tanah Baru akan tetap dilaksanakan. Namun jumlah peserta bakal dibatasi, hanya dengan mengirim beberapa perwakilan saja dari 14 di Tanah Baru.

“Saya selalu apresiasi sebab mereka belajar beroganisasi dan berkegiatan positif. Kegiatan Forum Anak juga masuk dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tahun 2020 dan 2021. Harapannya ke depan mereka bisa menjadi generasi yang memberi manfaat, berguna, dan berdaya,” tutupnya. (dha)