MotoGP Prancis 2022

Kastara.ID, Le Mans – Kejutan Suzuki sehari setelah MotoGP Spanyol beberapa waktu lalu membuat heboh paddock MotoGP. Banyak media memberitakan bahwa pabrikan Hamamatsu akan hengkang dari MotoGP setelah musim 2022 selesai.

Setelah beberapa hari tanpa kepastian, akhirnya Suzuki merilis pernyataan resmi menjelang akhir pekan MotoGP Prancis. Mereka mengatakan sedang berdiskusi dengan Dorna terkait pengunduran diri.

Karena masalah ini, dirumorkan salah satu sponsor besar mereka, Estrella Galicia memilih meninggalkan Suzuki di tengah jalan sebelum musim berakhir, sebagai aksi protes mereka dengan keputusan mendadak Suzuki.

“Logo Estrella Galicia telah dicopot dari motor Suzuki pagi ini. Bayangkan mereka sangat marah tidak hanya tentang mundurnya Suzuki, tapi juga karena pihak sponsor mengetahui dari laporan media, bukan langsung dari tim,” papar wartawan MotoGP, Simon Patterson di Twitter.

Di sisi lain disebutkan bahwa karena alasan aturan Prancis tak membolehkan beberapa produk minuman. “Prancis memiliki beberapa peraturan periklanan minuman aneh yang mungkin juga berlaku, meskipun secara teknis itu adalah minuman biasa yang mereka iklankan. Tapi branding Estrella masih ada di baju balap Marquez,” jelas Simon.

Pihak Suzuki mengatakan bahwa mereka mencopot brand Estrella karena ingin mengikuti aturan Prancis tentang minuman.

Tapi jika demikian, kenapa logo brand yang sama masih terpasang di baju balap pembalap lain, misalnya Marc Marquez (Repsol Honda).

Hal inilah yang masih menjadi pertanyaan banyak orang di paddock, apakah Suzuki mencabut logo mereka karena aturan, atau karena sponsor brand tersebut yang menarik diri karena keberatan dengan rencana Suzuki mundur dari MotoGP? (tra)