Kastara.ID, Le Mans — Pembalap Italia, Luca Marini, memulai Sprint Race MotoGP Prancis dari start ketiga di grid, tapi kemudian terlibat dalam beberapa duel jarak dekat.

Pada akhirnya pembalap satelit Mooney VR46 Racing itu berhasil mengamankan posisi keempat.

Marini sendiri meyakini bisa finis di podium jika Stewards MotoGP bisa konsisten dalam menerapkan penalti.

Pada dasarnya Marini tak mempermasalahkan Binder, tapi konsistensi Stewards dalam memberikan penalti.

“Saya benar-benar marah dengan keputusan pengawas balapan,” ungkap Marini yang dilansir Speedweek.com.

“Kemarin kita membicarakan segalanya. Anda mengatakan bahwa penalti untuk Pecco di Jerez benar (karena menyalip agresif). Mengapa mereka tidak menerapkan aturan dengan cara yang sama hari ini? Binder mendorong saya keluar lintasan, Marquez menyentuh Pecco saat melewatinya.

Sekali lagi tidak ada konsistensi. Tak satu pun dari keduanya harus menyerahkan posisi. Tidak ada yang sama dalam keputusan (pengawas balapan),” tandas Marini.

Marini menambahkan bahwa balapan ini benar-benar aneh. “Di akhir rapat Komisi Keselamatan pada hari Jumat, saya bertanya apa yang terjadi jika seorang pembalap mendapatkan posisi setelah bersentuhan. Jelas dikatakan bahwa harus ada perubahan posisi. Hari ini adalah bagian yang jelas dari kasus seperti itu. Ini membuat saya marah,” jelasnya.

Jika Binder mendapat penalti seperti Bagnaia di Jerez turun satu posisi, Marini yakin bisa naik podium.

“Jika Binder harus mengembalikan posisinya kepada saya, maka saya akan berada di posisi yang tepat untuk finis kedua. Saat Marc dan Pecco saling bertarung, saya bisa mengambil kesempatan untuk P2. Kami meminta sedikit lebih banyak konsistensi dalam keputusan, kata mereka baik-baik saja. Bagi saya, itu bukan masalah Binder atau pembalap lain – tidak masalah! Ini hanya tentang menjaga konsistensi yang sama selama satu musim – hanya untuk musim itu. Musim depan kita bisa mengubahnya lagi – tapi sekarang aturannya seperti itu,” pungkas Marini.

Pada Sprint Race tersebut akhirnya Marini menyelesaikan balapan di posisi keempat. (tra)