Kastara.ID, Jakarta — Calon Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menghadiri Halal bi Halal yang digelar Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Bang Japar Komando Wilayah Jakarta Timur. Ketua Umum Ormas Bang Japar Fahira Idris mengatakan, kehadiran Anies Baswedan dalam Halal bi Halal ini memompa semangat insan-insan Bang Japar untuk terus menebar maslahat untuk masyarakat.

“Visi dan tujuan Pak Anies, sejalan dengan tujuan Bang Japar yaitu ambil bagian dan tanggung jawab mengisi kemerdekaan, mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa dan memastikan keadilan sosial. Memastikan kemaslahatan dirasakan rakyat adalah mimpi besar Bang Japar, yang Insya Allah terwujud jika kita bersama mengusung perubahan agar kemajuan bangsa ini semakin dekat menjadi kenyataan,” ujar Fahira Idris dihadapan 5.000 Anggota Bang Japar Jakarta Timur yang memadati GOR Ciracas (13/5).

Fahira Idris mengingatkan kepada semua kadernya bahwa Ormas Bang Japar yang dipimpinnya mempunyai ikatan yang kuat dengan Anies Baswedan. Bang Japar awalnya adalah sebuah gerakan kolaborasi antara jawara dan pengacara yang bertujuan ikut menjaga keamanan, kenyamanan warga dan petugas TPS saat pilkada DKI Jakarta putaran kedua serta mengawal suara Anies Baswedan di TPS. Bang Japar dibentuk untuk merespons terjadinya dugaan intimidasi dan pemaksaan kehendak di beberapa TPS di Jakarta pada pada putaran pertama Pilkada DKI Jakarta 2017.

Dalam perkembangannya, lanjut Fahira Idris, Ormas Bang Japar menata kembali organisasi. Dari awalnya hanya ingin menjaga marwah Pilkada DKI Jakarta dan mengawal suara Anies Baswedan, kemudian bertransformasi, untuk ambil bagian dan tanggung jawab mengisi kemerdekaan, mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa dan memastikan keadilan sosial hadir, seperti yang selalu disampaikan dan diimplementasikan Anies Baswedan terutama selama menjadi Gubernur DKI Jakarta.

“Saya selalu sampaikan kepada insan-insan Bang Japar bahwa garis perjuangan kita adalah menebar kemaslahatan bagi segenap masyarakat. Itulah kenapa, Ormas Bang Japar, berupaya senantiasa hadir dalam tiap persoalan masyarakat, memberi pendampingan, memberikan solusi sebagai ikhtiar kami menjadi organisasi yang bermanfaat seperti yang telah dilakukan Pak Anies selama memimpin Jakarta,” pungkas Fahira Idris yang juga Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta ini.

Selain menggelar Halal bi Halal, pada kesempatan yang sama, dilakukan pengukuhan Wakil Ketua Umum Partai Nasdem yang juga Anggota DPR RI Ahmad Ali sebagai Ketua Dewan Pembina Bang Japar oleh Ketua Dewan Penasihat Bang Japar Aldwin Rahadian. Selain Anies Baswedan, hadir juga Dewan Penasihat Bang Japar Mohammad Ongen Sangaji, Dewan Penasihat Bang Japar Jakarta Timur Abdul Canter Sangaji, dan Komandan Bang Japar Jakarta Timur Musa Marasabessy serta segenap Pengurus dan kader Bang Japar se-Jakarta Timur. (dwi)