Tito Karnavian

Kastara.ID, Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan siap mengirimkan perwira terbaik untuk mengikuti seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahkan Tito menyebut akan mengirimkan perwira tinggi untuk menjadi pemimpin lembaga anti rasuah itu. Pernyataan ini disampaikan saat Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK (Pansel Capim KPK) mengunjungi Mabes Polri, Kamis (13/6).

Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih menyebut, kedatangannya guna menanyakan hubungan antara lembaga-lembaga penegak hukum yakni Polri, Kejaksaan Agung, dan KPK. Yenti menyatakan pihaknya ingin mengetahui sejauh mana hubungan lembaga-lembaga tersebut dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.

Selain itu menurut Yenti, Pansel Capim KPK juga mengundang anggota Polri untuk mengikuti seleksi calon pimpinan KPK. Yenti menambahkan keterlibatan Polri sangat penting, pasalnya dalam undang-undang disebutkan bahwa Komisioner KPK berasal dari unsur pemerintah dan masyarakat.

Menanggapi permintaan tersebut, Tito menyebut akan mengirimkan periwa yang memiliki track record baik. Selain itu perwira yang dikirim memiliki kemampuan bidang reserse dan penanganan korupsi.

Tito menyebut sudah ada delapan perwira yang sudah menyampaikan keinginannya mengikuti Seleksi Calon Pimpinan KPK. Mantan Kapolda Metro Jaya ini menyebut pihaknya tidak akan membatasi jumlah perwira yang akan mengukuti seleksi. Itulah sebabnya Tito menegaskan masih terbuka kesempatan bagi perwira Polri untuk mengajukan diri menjadi pimpinan KPK. Terlebih pendaftaran masih dibuka hingga 4 Juli 2019. (rya)