Telkom

Kastara.ID, Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kemungkinan calon direktur perusahaan pelat merah itu yang berusia di bawah 40 tahun atau dari kalangan milenial. Rencananya, pergantian direksi dilakukan saat rapat umum pemegang saham (RUPS) perseroan pada pekan depan.

“Nanti, dari Telkom sendiri, saya bocorkan mungkin, salah satu direksinya usianya di bawah 40 tahun,” ujar Erick (13/6).

Erick mengungkapkan, kebijakan itu sejalan dengan keinginannya untuk menaruh lima persen komposisi direksi BUMN dari kalangan milenial. Selain dari kalangan milenial, ia juga ingin 15 persen porsi direksi BUMN berasal dari kalangan perempuan.

Ia membuka kesempatan bagi generasi muda untuk mengabdi di BUMN. Namun, ia tidak asal taruh sebab para senior di bidangnya akan menjadi mentor (coach) mereka.

Erick ingin kalangan milenial mendapatkan dukungan apabila ingin melakukan perubahan yang lebih baik. Dalam hal ini, ia mau perubahan BUMN harus didasari oleh prinsipĀ  AKHLAK yaitu kependekan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif, dan Harmonis.

Beberapa pekan terakhir, Erick telah merombak direksi dan komisaris sejumlah perusahaan pelat merah seperti PT Pertamina (Persero) Tbk, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (mar)